nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jadi Pemimpin Tertua di Dunia, Simak Rahasia Mahathir Mohamad

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Jum'at 11 Mei 2018 13:16 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 05 11 196 1897013 jadi-pemimpin-tertua-di-dunia-simak-rahasia-mahathir-mohamad-o4OcJMsNSF.jpg Mahathir Mohamad. (Foto: Reuters)

PEMILU Malaysia menetapkan Mahathir Mohamad sebagai Perdana Menteri (PM) Malaysia menggantikan Najib Razak untuk periode 2018-2023. Pria kelahiran Alor Setar itu menjadi kepala pemerintahan tertua di dunia pada usia 92 tahun.

Apa rahasianya agar tetap berumur panjang? Mahathir Mohamad ternyata selama ini menjalani hidup sehat. Dia mengaku mengonsumsi makanan dalam jumlah yang lebih sedikit, tidak menenggak alkohol, serta tidak merokok.

“Ketika saya ditanya mengenai kesehatan, saya beberkan semua rahasianya. Saya tidak merokok dan minum alkohol. Saya hanya makan dalam jumlah sedikit tanpa peduli seberapa nikmatnya makanan itu,” ujar Mahathir dalam sebuah wawancara pada 2017, mengutip dari Malaysia Kini, Jumat (11/5/2018).

Baca juga: Kenalkan 4 Janda Cantik yang Viral Cari Suami Baru

Image result for Mahathir Mohamad, reuters

(Foto: Reuters)

Dinukil dari Freemalaysiatoday, Mahathir mengklaim selalu terngiang-ngiang dengan pesan ibunya yakni ketika makanan sudah terasa nikmat, dia harus segera berhenti makan. Seiring waktu, ia sadar bahwa mengonsumsi makanan berlebih hanya akan membuat tubuh selalu merasa lapar.

“Sebagai dokter, saya sadar bahwa ketika Anda cenderung makan berlebihan, perut akan membesarkan kapasitasnya. Jika ingin menuntaskan rasa lapar, Anda harus makan lebih banyak. Itu masalah yang terjadi pada dunia saat ini, terutama yang mengalami obesitas,” imbuh Dokter M, julukan Mahathir.

Diet ketat dan gaya hidup tersebut membuatnya memiliki fisik dan mental yang lebih baik sehingga terlihat lebih muda. Bobot suami dari Siti Hasmah Mohamad Ali itu bahkan konstan berkisar antara 62-64 kilogram (kg) selama tiga dekade terakhir.

Baca Juga: Pagi Tadi Meletus, Ini 4 Fakta Wow Seputar Gunung Merapi

Mahathir Mohamad di Tengah Aksi Bersih 4

Kendati demikian, Mahathir mengaku pernah mengalami sejumlah penyakit. Melansir dari Straits Times, ia pernah mengalami penyakit jantung, pneumonia, dan batuk-batuk dalam jangka waktu lama yang berdampak pada paru-parunya.

Selain itu, dia juga membeberkan rahasia lainnya, yakni untuk tetap aktif. Mahathir mengatakan, ketika tubuh dan pikiran tetap aktif, maka dampaknya akan bagus bagi tubuh.

Meski sempat pensiun dari hingar bingar politik di Malaysia pada 2003-2016, Mahathir tetap aktif bekerja hingga akhirnya kembali terjun untuk mencalonkan diri sebagai oposisi dalam pemilihan umum 2018.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini