nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Hewan Peliharaan Ramah dan Cocok untuk Anak-Anak

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Jum'at 11 Mei 2018 21:36 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 05 11 196 1897305 5-hewan-peliharaan-ramah-dan-cocok-untuk-anak-anak-HDZMs1KM4m.jpg Landak mini (Foto: Youtube)

BINATANG peliharaan memang sangat cocok sebagai teman bermain anak kecil. Selain bisa mendekatkan diri dengan makhluk hidup, hewan peliharaan bisa juga menjadi sarana edukasi bagi anak-anak.

Setiap orang tua tentunya tidak segan memberikan hewan peliharaan lucu menggemaskan kepada buah hatinya. Namun, pemilihan hewan peliharaan yang tepat, tentu harus diperhatikan. Anda juga harus mengetahui karakter anak, apakah mereka bisa beradaptasi dengan kehadiran hewan disamping mereka.

Semua hal tersebut wajib diperhitungkan sebelum Anda memutuskan untuk memelihara hewan peliharaan di dalam rumah, salah-salah anak Anda malah bisa menjadi celaka. Berbagai penyakit seperti asma, alergi dan berbagai macam penyakit lainnya, bisa mengintai buah hati Anda.

 (Baca Juga: Ternyata Daun Salam Berguna untuk Kesehatan, Salah Satunya Jantung)

Merangkum dari WondersList, Jumat (11/5/2018), Okezone akan mencoba mengulas beberapa macam hewan peliharan lucu dan menggemaskan, yang bisa menjadi hewan peliharaan alternatif buah hati Anda.

Hedgehogs (Landak Mini)

 

Hedgehogs atau yang kerap disebut landak mini, bisa menjadi hewan peliharaan yang lucu bagi anak Anda. Selain lucu, mengurus landak mini juga nggak perlu ribet. Yang terpenting dalam memelihara hewan satu ini adalah bersosialisasi. Jika Anda tidak sering bersosialisasi maka landak dapat berubah menjadi penggigit dan akan menimbulkan masalah di kemudian hari.

Guinea Pigs (Marmut)

Jika merasa landak terlalu berbahaya, maka marmot bisa menjadi solusi alternatifnya. Berbeda dengan landak, marmut merupakan hewan lucu dan sangat ramah. Tentunya karakter marmut ini bisa menjadi hewan peliharaan yang tepat bagi anak Anda. Kelebihan lainnya, marmut merupakan hewan yang manja, suka diemong dan suka bersosialisasi dengan pemiliknya. Mereka juga memiliki rentang hidup yang lama berkisar antara 5-10 tahun, sehingga marmut cocok untuk dijadikan starter pet.

Hamster

 

Hampir mirip dengan marmut, hamster juga aman untuk dipelihara anak kecil. Penampilannya yang lucu, bulu tipisnya yang menggemaskan, serta perawatannya yang tak membutuhkan biaya mahal menjadi keuntungan memelihara hamster. Hamster merupakan hewan yang aktif dan lincah, namun sama seperti landak mini, Anda harus membiasakan diri untuk bersosialisasi dengan hamster. Salah-salah, mereka akan menjadi galak dan temperamental.

Tikus

Tikus bisa menjadi alternatif hewan peliharaan lainnya. Ingat! Tikus dalam artikel ini bukan tikus got atau tikus sawah yang kotor dan bau lho. Tak semuanya tikus itu jorok dan kotor. Anda bisa menemukan tikus peliharaan di beberapa toko hewan. Salah satu tikus yang bisa Anda peliharaan adalah tikus putih. Hewan pengerat satu ini sangat lincah dan aktif, bila Anda bisa merawatnya, mereka akan menjadi hewan peliharaan yang jinak dan cocok sebagai bahan edukasi bagi buah hati Anda.

Gerbil

 

Selintas sulit untuk membedakan antara gerbil dan tikus. Gerbil adalah hewan berkelompok dan umumnya disimpan bersamaan dengan dua hingga empat ekor dalam satu tempat. Perawatan mereka juga cukup mudah dan murah. Mereka juga sangat bersahabat, dapat dipegang dan dipeluk. Tetapi berhati-hatilah agar tidak menekan hewan kecil ini terlalu keras. Pasalnya hewan yang satu ini sangat lunak.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini