nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

8 Zat Mematikan di Sebatang Rokok, Salah Satunya untuk Hukuman Mati

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Jum'at 11 Mei 2018 10:59 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 05 11 481 1896978 8-zat-mematikan-di-sebatang-rokok-salah-satunya-untuk-hukuman-mati-SFlq4VMKGi.jpg Ilustrasi Rokok. (Foto: Reuters)

JIKA Anda perhatikan dengan seksama, di setiap bungkus rokok yang beredar di Indonesia saat ini memampang gambar jenis-jenis penyakit yang ditimbulkan oleh sebatang rokok. Hal itu dilakukan oleh pemerintah Indonesia agar jumlah perokok menurun.

Selain memampang gambar bahaya rokok, di setiap bungkus juga tertera kandungan zat di dalam sebatang rokok. Selain nikotin yang sudah diketahui luas oleh publik, sebatang rokok juga mengandung sejumlah zat berbahaya lainnya.

Berikut zat-zat berbahaya yang terkandung di sebatang rokok, sebagaimana dilansir dari Medical News Today:

Baca Juga: Ternyata Daun Salam Berguna untuk Kesehatan, Salah Satunya Jantung

Image result for cigarette, reuters

(Foto: Reuters)


1. Asetadelhida

Bahan kimia ini lazim digunakan untuk membuat resin dan lem. Para ahli meyakini bahan kimia tersebut memudahkan penyerapan bahan kimia berbahaya lainnya ke cabang tenggorokan.

2. Acrolein

Zat ini biasa dipakai dalam herbisida dan resin polyester. Acrolein juga digunakan dalam persenjataan kimia dan diketahui sebagai salah satu bahan baku pembuat gas air mata. Zat ini sangat beracun dan dapat menyebabkan iritasi pada mata serta bagian atas saluran pernapasan.

Baca juga: Ternyata Kunyit Bisa Pertajam Daya Ingat Anda

Kampanye Program Pencegahan Akses Pembelian Rokok oleh Anak

3. Amonia

Bahan kimia ini dapat menyebabkan terjadinya asma serta meningkatkan tekanan darah. Sebagai informasi, amonia biasa digunakan dalam cairan pembersih.

4. Kromium

Kromium lazim digunakan untuk mengawetkan dan merawat kayu serta melapisi benda-benda yang terbuat dari logam. Zat berbahaya ini dapat menyebabkan kanker paru-paru jika masuk ke dalam tubuh untuk jangka waktu yang lama.

5. Crotonaldehyde

Zat ini terdapat dalam campuran bahan bakar untuk kendaraan. Para ahli meyakini crotonaldehyde dapat mengacaukan sistem kekebalan tubuh manusia. Selain itu, zat berbahaya ini juga menyebabkan perubahan kromosom.


6. Hidrogen sianida

Sejumlah negara dan negara bagian di Amerika Serikat (AS), yang menganut hukuman mati, menggunakan bahan kimia ini di ruang eksekusi mati. Hidrogen sianida dapat melemahkan fungsi paru-paru dan menyebabkan keletihan, sakit kepala, serta mual. Selain untuk eksekusi mati, hidrogen sianida juga dipakai untuk membuat plastik akrilik dan resin.

Baca juga: Kenalkan 4 Janda Cantik yang Viral Cari Suami Baru

Wah! Tanaman Ini Tetap Tumbuh Subur di Antara Puntung Rokok

7. Karbon monoksida

Gas beracun ini tidak berbau dan berwarna. Tubuh akan sulit membedakan karbon monoksida dengan oksigen sehingga darah akan memompanya ke seluruh tubuh.

Jika karbon monoksida dihirup terus menerus, Anda bisa koma dan meninggal dunia. Gas beracun ini melemahkan otot dan fungsi jantung. Karbon monoksida sangat berbahaya bagi janin dalam kandungan, balita, dan orang dengan penyakit jantung atau paru-paru.

8. Tar

Bahan kimia ini mengandung sejumlah penyebab kanker. Ketika rokok dihisap, maka 70% dari tar akan menetap di paru-paru mereka. Cara mengetahui kandungan tar cukup mudah. Tempelkan sapu tangan atau tisu ke mulut perokok dan hembuskan asap. Zat berwarna kecokelatan akan terlihat di sapu tangan atau tisu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini