nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Keringat Sering Berlebihan di Malam Hari, Waspadai Jenis Kanker Ini!

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Jum'at 11 Mei 2018 14:54 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 05 11 481 1897077 keringat-sering-berlebihan-di-malam-hari-awas-bisa-jadi-gejala-jenis-kanker-ini-wx89LPfs4O.jpg Keringat berlebih di malam hari bisa jadi tanda kanker darah (Foto: Express)

GEJALA kanker dapat dengan mudah disalahartikan bagi mereka yang kondisi kesehatannya kurang serius. Beberapa gejala yang paling umum dari kanker adalah kelelahan ekstrem dan penurunan berat badan tanpa sebab jelas. Nah, ketika berbicara ke kanker darah, salah satu gejala khususnya adalah keringat berlebihan di malam hari.

Kanker darah termasuk leukemia, limfoma dan mieloma. Leukemia adalah kanker sel darah putih. Limfoma adalah kanker sistem limfatik-jaringan-jaringan dan organ yang membantu membersihkan tubuh dari racun dan limbah. Sedangkan, mieloma adalah kanker sel plasma di tulang sumsum.

Sementara itu, setiap jenis kanker darah memiliki gejala khusus, mereka juga terdapat sejumlah gejala. Di samping kelelahan ekstrem dan penurunan berat badan tanpa sebab jelas, ada keringan malam yang berlebihan menurut Bloodwise.

Sebenarnya normal jika kamu berkeringat di malam hari, apalagi ruangan kamar terlalu panas, terutama di musim panas. Tetapi, NHS menyarankan bahwa jika Anda berkeringat di malam hari secara teratur yang membangunkanmu, memiliki suhu yang sangat tinggi, batuk atau diare, berat badan turun tanpa alasan, maka kamu harus mengunjungi dokter.

Baca juga: Jadi Pemimpin Tertua di Dunia, Simak Rahasia Mahathir Mohamad

Gejala lain yang terkait dengan kanker darah adalah infeksi berulang, mudah memar atau perdarahan, kulit gatal, benjola atau bengkak di leher, kepala, selangkangan atau perut, dan tulang serta nyeri sendi.

keringetan

Berikut penjelasan selengkapnya mengenai kanker darah yang dilansir dari laman Express, Jumat (11/5/2018):

Limfoma

Liimfoma terjadi ketika limfosit-sel darah putih yang membantu melawan infeksi-menjadi tidak terkendali. Menurut Asosiasi Limfoma, mereka membagi dengan cara yang abnormal atau tidak mati seperti seharusnya.

Baca juga: Ternyata Daun Salam Berguna untuk Kesehatan, Salah Satunya Jantung

Multiple myeloma

Multiple myeloma adalah jenis kanker sumsum tulang yang memengaruhi produksi sel darah yang sehat. Dapat memengaruhi beberapa area di tubuh, tetapi paling sering tulang belakang, tengkorak, panggul dan tulang rusuk, menurut NHS.

Pada tahap awal multiple myeloma mungkin tidak menimbulkan gejala apapun. Namun, kemudian menimbulkan tanda-tanda seperti sakit di tulang, kelelahan, infeksi berulang dan pendarahan yang tidak biasa, termasuk menstruasi berat.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini