nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Balas Dendam saat Berbuka Puasa, Waspadai Serangan Ini!

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Sabtu 12 Mei 2018 15:31 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 05 11 481 1897229 balas-dendam-saat-berbuka-puasa-waspadai-serangan-ini-r2b9b7NcRF.jpg Makan Rakus (Foto: Corbis)

BERPUASA merupakan kewajiban seluruh umat muslim di seluruh dunia. Setiap orang akan memulai mengubah kebiasaan makannya demi menjalani ibadah. Tentunya, perubahan pola makan akan menjadi salah satu tantangan terberat bagi masyarakat yang menjalankan puasa.

Berbicara soal pola makan, tak sedikit masyarakat yang sengaja mengonsumsi karbohidrat dalam jumlah banyak ketika sahur. Hal tersebut bertujuan supaya perut bisa kenyang lebih lama. Namun, ternyata cara ini sangat salah dan malah akan menimbulkan penyakit bagi orang yang melakukannya.

 Baca juga: Ternyata Daun Salam Berguna untuk Kesehatan, Salah Satunya Jantung

Bukan hanya sahur, sebagian besar masyarakat banyak juga kalap saat mendengar kumandang azan mahgrib. Mereka tak segan melahap jenis makanan apapun termasuk makanan berat yang ada di hadapan mereka seperti nasi, gorengan maupun takjil.

Tentunya kebiasaan ini harus dihindari, karena sebenarnya perilaku semacam ini sangat tidak baik untuk kesehatan. Dokter Spesialis Gizi Klinik, Dr. Jovita Amelia, M.Sc,SP.GK menilai sistem berbuka puasa dengan cara balas dendam dapat menyebabkan gangguan pencernaan, mual maupun begah.

 

Menurutnya, berbuka puasa yang baik dan benar harus diawali dengan minum air putih yang cukup. Sebaiknya juga hindari makanan yang terlalu manis secara berlebihan, pasalnya perut khususnya lambung tidak mendapatkan asupan makanan dan minuman selama satu hari penuh.

Baca juga: Ternyata Kunyit Bisa Pertajam Daya Ingat Anda

Minum air putih dan memakan buah-buahan bisa menjadi rekomendasi yang tepat untuk berbuka puasa.

“Minum air putih dan memakan buah-buahan seperti kurma, jeruk, melon, apel dan lain-lain adalah cara yang tepat untuk berbuka puasa. Setelah berbuka puasa dengan makanan ringan, Anda bisa melanjutkan aktivitas dengan tarawih. Selesai tarawih adalah waktu yang tepat untuk menyantap makanan berat seperti nasi dan lauk pauk,” tutur Jovita, saat ditemui Okezone dalam acara Halodoc, Sabtu (12/5/2018).

Selain berbuka dengan cara balas dendam, hindari juga mengonsumsi minuman berkarbonasi atau kopi karena akan berdampak pada naiknya asam lambung. Dalam kondisi yang lebih parah, Anda bahkan bisa mengalami gangguan pencernaan.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini