nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ini Trik Minum Air Mineral agar Tubuh Tidak Dehidrasi Selama Bulan Puasa

Tiara Putri, Jurnalis · Minggu 13 Mei 2018 12:00 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 05 11 481 1897230 ini-trik-minum-air-mineral-agar-tubuh-tidak-dehidrasi-selama-bulan-puasa-UirgDcggxR.jpg Ilustrasi (Foto: Healthline)

BULAN Ramadan segera tiba. Selama bulan itu umat Muslim akan menahan lapar dan haus hingga waktu berbuka. Tentu ini bukan hal yang mudah untuk dilakukan.

Selain itu, selama bulan puasa kesehatan tubuh tetap harus diperhatikan. Termasuk menjaganya untuk tetap terhidrasi dengan baik. Tubuh terhidrasi apabila mendapatkan asupan cairan yang cukup.

Cairan bisa didapatkan dari mana saja tapi yang disarankan adalah air mineral. Air mineral dapat menjaga tubuh tetap terhidrasi dan tidak cepat haus. Bagi Anda yang masih bingung dengan pola minum air putih selama puasa, seorang ahli gizi klinis dan konsultan nutrisi, Riham Shamseddine membagikan tips konsumsi air.

 (Baca Juga: Benda-Benda Unik Bertema Pernikahan Pangeran Harry - Meghan Markle, dari Cokelat hingga Kondom)

Mengutip Gulf News, Minggu (13/5/2018), Riham menyarankan untuk tetap mengonsumsi air dalam jumlah cukup selama Ramadan.

 

"Hal ini sangat penting untuk mencegah efek samping seperti sembelit, sakit kepala, pusing dan kulit kering," ucapnya.

Jumlah yang disarankan adalah 3 liter untuk pria dan 2,3 liter untuk wanita. Selain itu, hindari minuman berkafein seperti kopi dan teh. Lebih lanjut Riham menjelaskan bila sebaiknya Anda meminum air mineral secara teratur dari waktu berbuka puasa hingga sahur. Usahakan untuk memenuhi kebutuhan jumlah cairan seperti yang telah disebutkan di atas.

  (Baca Juga: Intip Gaya Boyish Inul Daratista saat Hadiri Bali Fashion Trend 2018)

"Bagilah asupan air dari waktu ke sahur alih-alih meminumnya sekaligus," imbuhnya.

Pada saat berbuka, Anda bisa meminum paling tidak 2 gelas air mineral. Kemudian cara itu bisa diulangi setelah pulang tarawih, sebelum tidur, dan pada saat sahur. Tapi kembali lagi, waktu meminum diserahkan kepada Anda. Hal yang terpenting adalah pastikan jumlah air yang diminum memenuhi kebutuhan.

Sekadar informasi, tubuh memang menyimpan cairan jika Anda tidak minum air untuk jangka waktu tertentu atau bahkan cukup lama. Akan tetapi, kondisi itu dapat memengaruhi ginjal, jantung, dan menyebabkan banyak komplikasi kesehatan. Membuat tubuh tetap terhidrasi dengan jumlah air yang tepat dapat menghindari retensi cairan.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini