nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tips agar Tetap Fokus Bekerja selama Bulan Suci Ramadan

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Minggu 13 Mei 2018 07:00 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 05 12 481 1897460 tips-agar-tetap-fokus-bekerja-selama-bulan-suci-ramadan-u1rkty4IjH.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

MENAHAN lapar dan haus selama Ramadan adalah tantangan utama dalam menjalankan ibadah puasa. Apalagi jika Anda harus tetap bekerja selama bulan puasa. Menjaga fokus di saat perut kosong dan jam tidur yang berkurang cukup sulit. Imbasnya, produktivitas kerja akan terganggu.

Berikut beberapa tips agar Anda tetap dapat menjaga fokus dan produktivitas selama bulan suci Ramadan, dinukil dari Productive Muslim:

1. Perhatikan asupan makanan

Apa yang Anda makan saat sahur dan berbuka akan memengaruhi tingkat energi sepanjang bulan suci Ramadan. Tubuh perlu asupan karbohidrat, protein, buah-buahan, dan sayuran, dalam jumlah yang seimbang. Pastikan Anda tidak terlalu banyak mengonsumsi karbohidat, terutama saat sahur.

Ketika terlalu banyak mengonsumsi karbohidrat, tubuh butuh waktu lebih lama untuk mencernanya sehingga Anda akan cepat merasa lelah. Usahakan mengonsumsi makanan dengan porsi seimbang dan jika dibutuhkan, minum multivitamin sebelum sahur.

2. Manfaatkan waktu istirahat

Di hari biasa, waktu istirahat biasa digunakan untuk makan. Namun, di bulan puasa, Anda bisa memanfaatkan waktu istirahat untuk tidur sejenak. Anda juga bisa melakukan kegiatan positif lainnya seperti membaca Alquran di waktu istirahat guna menjaga fokus saat bekerja.

tidur

3. Bersikap positif

Sikap dan pikiran positif sangat penting selama bulan suci Ramadan. Jika Anda berpikir pekerjaaan akan terasa berat saat berpuasa, maka bisa saja tugas berat menanti di tempat kerja. Membaca ayat suci Alquran sebelum mulai bekerja dapat membantu Anda agar tetap berpikir positif selama bekerja. Atau ucapkan ‘Bismillah’ sebelum memulai kerja agar Allah SWT meridhoi pekerjaan sepanjang hari.

4. Ambil jeda 5-10 menit

Usahakan untuk mengambil jeda selama 5-10 menit untuk relaksasi atau bisa juga membaca Alquran. Hal ini juga bisa Anda lakukan ketika menunaikan ibadah salat lima waktu, terutama saat salat dzuhur dan ashar.

solat

5. Rencanakan pekerjaan dengan baik

Biasanya perusahaan akan memberikan dispensasi atau kelonggaran waktu kerja di bulan puasa. Usahakan untuk tidak menunda atau menumpuk pekerjaan sehingga fokus Anda akan terbelah untuk menyelesaikan dua atau lebih pekerjaan. Selesaikan satu per satu sehingga Anda bisa sedikit punya waktu rileks.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini