Inovasi Teknologi Bikin Masyarakat Peduli Kesehatan Gigi dan Mulut

Lidya Julita Sembiring, Jurnalis · Sabtu 12 Mei 2018 22:00 WIB
https: img.okezone.com content 2018 05 12 481 1897528 inovasi-teknologi-bikin-masyarakat-peduli-kesehatan-gigi-dan-mulut-A02Y8Vd9cQ.jpg Ilustrasi (Foto: Womenshealthmag)

KEMAJUAN teknologi saat ini sepertinya tidak hanya menuntut anak muda dan paku usaha industri serta pemerintah saja yang berkembang. Karena pekerja medis salah satunya kedokteran gigi juga diharapkan dapat memanfaatkan perkembangan teknologi yang ada.

Apalagi, Dokter gigi selalu ingin memberikan edukasi kepada masyarakat agar selalu peduli dengan kesehatan gigi dan mulut. Karena itu, mereka ingin mengembangkan ide baru dan membuat banyak inovasi yang bermanfaat.

Untuk membahas inovasi teknologi ini, sekitar 700 dokter gigi dari seluruh Indonesia pun berkumpul agar mendapatkan ide dan pembahasan mengenai inovasi teknologi ini. Dokter ini nantinya akan diberikan arahan oleh ahli yang berkompeten di bidang kedokteran gigi dan para dokter juga bisa memberikan idenya.

"Peningkatan kesadaran masyarakat mengenai pentingnya menjaga kesehatan jaringan gigi dan mulut saat ini memberikan pengaruh yang besar terhadap dunia kedokteran gigi. Tidak lagi karena mengeluh sakit saja, saat ini perbaikan estetika menjadi salah satu keluhan yang banyak disampaikan oleh pasien saat berkunjung ke dokter gigi," ungkap Ketua PDGI Cabang Jakarta Pusat, Ahmad Syaukani dalam acara 3M Dental Expo di Hotel Mulia Senayan, Sabtu (12/5/2018).

Menurutnya, penerapan teknologi sebagai solusi untuk perawatan gigi yang lebih efektif dan efisien dengan hasil klinis yang dapat diprediksi. Hal ini juga bisa meningkatkan kesadaran masyarakat dalam masalah kesehatan gigi dan mulut.

periksa gigi

Oleh karenanya, penting bagi para dokter gigi untuk terus mengasah kompetensinya di bidang keilmuan praktis, serta mengikuti perkembangan teknologi bahan dan alat, guna memberikan pelayanan yang maksimal dan bermutu bagi masyarakat Indonesia.

"Oleh karena itu, khususnya terkait perkembangan teknologi yang berbasis ilmu pengetahuan, untuk dapat diterapkan sebagai solusi perawatan kesehatan gigi dan mulut," jelasnya.

Dengan teknologi berbasis ilmu pengetahuan ini maka para dokter gigi bisa lebih memberikan keyakinan kepada masyarakat untuk menjaga kesehatan mulut dan giginya. Apalagi saat ini ada tren memakai behel atau memutihkan gigi yang bisa dilakukan dengan baik menggunakan inovasi terbaru.

"Para praktisi kedokteran gigi dituntut untuk lebih menguasai teknik-teknik yang secara spesifik dapat menilai masalah estetika yang ada pada pasien, menganalisis, menentukan rencana perawatan, sampai pada teknik-teknik khusus dalam melakukan perawatan gigi agar keberhasilan tujuan dapat tercapai," tukasnya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini