nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ini Jenis-Jenis Kurma yang Enak Dinikmati saat Ramadan dan Cara Memilihnya

Pradita Ananda, Jurnalis · Minggu 13 Mei 2018 10:30 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 05 13 298 1897562 ini-jenis-jenis-kurma-yang-enak-dinikmati-saat-ramadan-dan-cara-memilihnya-x5fgWUBJ1q.gif Kurma (Ahoteliermiddleeast)

DALAM hitungan beberapa hari lagi, bulan Ramadan atau biasa juga disebut bulan puasa siap menyambut seluruh umat Muslim di seluruh dunia.

Bulan Ramadan datang, maka salah satu bintang utama yang kehadirannya tidak pernah absen di bulan puasa apalagi kalau bukan buah kurma. Yup! Buah kurma memang bisa dibilang menjadi bintang utama saat bulan Ramadan tiba.

Nah, secara sekilas buah kurma ini memang tampilan luarnya tampak sama. Namun tahukah bahwa buah kurma hadir dengan banyak jenisnya loh! Sebagaimana disitat Harvesttotable, Minggu (13/5/2018) disebutkan kurang lebih ada tujuh varietas buah kurma yang populer.

1. Barhi : Paling lembut dan kurma paling rapuh jadi karakter varietas satu ini, namun kurma barhi juga disebutkan sebagai kurma yang memiliki kandungan kaya sirup. Ukuran kecil hingga sedang (medium) dengan daging dan kulit yang kencang berwarna kuning kecoklatan keemasan. Namun sayangnya, buah kurma barhi adalah jenis kurma yang cukup lama proses pematangannya.

2. Dayri : Berat dan manis, jadi karakter kurma jenis ini. Kurma jenis dayri ini disebutkan biasanya memiliki daging yang lunak. Kulit kurma jenis ini biasanya berwarna agak kemerahan kemudian saat matang berubah menjadi kecoklatan lalu agak kehitaman.

 

3. Deglet Noor : Kurma berjenis semi-dry, kurma jenis deglet noor ini dikatakan dikenal sebagai rasa asli dari kurma itu sendiri. Kurma tipe deglet noor adalah kurma yang baik jika digunakan untuk bahan masakan. Sama seperti barhi, deglet noor juga termasuk kurma yang lambat proses pematangannya.

4. Halawi : Punya rasa seperti madu dikatakan sebagai karakter dari kurma halawi. Halawi sendiri secara kata, memiliki arti ‘manis’, Ukurannya sendiri kecil sampai agak besar, dengan warna kulit kecoklatan dan tekstur dagingnya yang lunak.

5. Khadrawy : Punya cita rasa yang kaya namun tetap lembut. Secara tampilan buah kurma jenis ini punya kulit berwarna oranye kecoklatan dan daging yang agak keras. Kurma khadrawi dianggap sebagai kurma yang punya rasa dan tekstir terbaik saat dimakan langsung, namun tidak begitu baik saat disimpan jadi memang lebih baik dimakan langsung.

6. Medjool : Manis, kaya akan rasa dan punya tektur berserat. Ukuran kurma medjool adalah besar dan sangat besar, dengan kulit berwarna sawo matang lalu coklat kemerahan saat sudah matang. Sangat baik untuk dimakan segar-segar karena sangat lembap.

7. Thoory: Berbeda dengan variasi kurma lainnya, kurma thoory selain punya rasa manis dikatakan juga memiliki rasa nutty atau terasa seperti kacang. Lebih dikenal sebagai “bread date” karena memang cocok untuk digunakan pada roti alias baking.

8. Zahidi : Rasa manis yang ditawarkan kurma jenis ini, ialah manis seperti gula. Halus, mengilap dan kuning keemasan adalah karakter dari kulit luar kurma zahidi. Daging buah ini penih dengan sirup. Selain bisa digunakan untuk dimakan langsung, cocok juga digunakan sebagai bahan masakan, salah satunya untuk baking.

 

Nah, setelah mengetahui jenis-jenis kurma, kini saatnya untuk mengetahui bagaimana cara memilih buah kurma yang berkualitas baik sehingga enak untuk dikonsumsi. Dikutip dari buku Tips Memilih & Menyimpan Buah-Buahan, karya Catur Andrianto, cara memilih kurma yang baik sebetulnya tidak sulit kok. Pertama, pilih kurma yang memiliki ukuran cukup besar, terlihat segar, bersih dan tidak berbau aneh. Selain itu, pastikan selaput kulit ari terluarnya tidak rusak.

 Baca Juga: Awet Muda, Ini Rutinitas dan Rahasia Perawatan Wajah Maudy Koesnaedi Setiap Hari

Tidak hanya itu, sebagaimana dihimpun dari berbagai sumber, pilihlah kurma yang masih ada batang di bagian bawahnya. Mengapa? Karena ini adalah tanda kurma masih segar. Selain itu, perhatikan soal warna. Pilih kurma yang punya warna normal seperti cokelat merah kekuningan.

Selain itu, diketahui bahwa kurma yang baik adalah kurma yang memiliki tekstur halus dan tidak lengket saat dipegang (tidak ada cairan pada kulitnya). Begitu juga dengan tampilan guratan, kurma yang berkualitas memiliki guratan-guratan kecil contohnya seperti kurma nabi, salah satu jenis yang mahal, yang memiliki guratan paling jelas.

Tips terakhir, kurma berkualitas akan mudah dihinggapi serangga, seperti semut dan lalat. Sebab, kurma segar akan terasa sangat manis, sehingga memancing kehadiran semut.

1 / 2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini