Image

Restoran Halal Indonesia Pertama Buka di Rusia

Agregasi Antara, Jurnalis · Minggu 13 Mei 2018 03:18 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 05 13 298 1897571 restoran-halal-indonesia-pertama-buka-di-rusia-6nktgX6ncu.jpg Ilustrasi Kuliner Nusantara (Foto: Okezone)

ALUMNUS Universitas Islam Negeri (UIN) Malang, Miratullo Saidov, bersama pengusaha lokal, Ayrat Khakimov, mendirikan restoran halal Indonesia pertama di GUM, pusat perbelanjaan di Kota Kazan, Rusia.

Kini warga setempat dapat menikmati masakan khas Indonesia seperti nasi goreng, mi goreng dan pisang goreng. Dubes RI untuk Federasi Rusia dan Republik Belarus, M. Wahid Supriyadi, di sela-sela kehadirannya pada konferensi internasional Russia-Islamic World: Kazan Summit 2018, sempat menengok restoran tersebut. Demikian disampaikan Sekretaris Pertama Fungsi Pensosbud KBRI Moskow, Enjay Diana.

Dalam kesempatan ini Dubes Wahid mengatakan promosi makanan Indonesia dengan konsep cepat saji seperti ini justru akan sangat efektif, dengan mudah dinikmati publik dan tentunya harga cukup terjangkau, dan bersertifikasi halal. Di Republik Tatarstan, negara bagian di Rusia mayoritas warganya beragama Islam.

"Ada sekitar 25 juta umat Muslim di Rusia, artinya produk halal memiliki peluang besar,” ujar Dubes Wahid Supriyadi.

(Baca Juga: Jarang Diungkap, Inilah Daftar Rapper-Rapper Muslim Paling Sukses di Dunia)

 Miratullo bersama Ayrat dan koki masak sempat menyambangi Moskow setelah mendengar adanya Indonesian Culinary Festival yang digelar KBRI bersama jaringan restoran Grabli yang populer di Moskow.

Dalam pertemuan itu, Dubes Wahid berjanji akan mengirim juru masak ke Kazan untuk memberi pelatihan. "Rencananya kami akan buka beberapa cabang lagi di Tatarstan dan Insya Allah bisa melebarkan sayap ke beberapa mall di Moskow," ujar Miratullo dengan nada optimistis Meskipun belum dibuka secara resmi restoran "Indo Food" memiliki pelanggan yang sebagian besar adalah mahasiswa.