nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jelang Ramadan, Ribuan Pengunjung Padati Tempat Wisata di Cianjur

Agregasi Antara, Jurnalis · Minggu 13 Mei 2018 01:04 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 05 13 406 1897549 jelang-ramadan-ribuan-pengunjung-padati-tempat-wisata-di-cianjur-D2ssBo7tZb.jpg Ilustrasi. Kebun Raya Cibodas (Foto: Okezone)

CIANJUR - Tempat wisata di Cianjur, Jawa Barat, dipadati ribuan pengunjung sebagian besar wisatawan lokal yang melakukan tradisi papajar menyambut datangnya bulan suci Ramadan 2018.

Sebagian besar wisatawan yang memadati sejumlah tempat wisata di kawasan utara Cianjur seperti Kebun Raya Cibodas, Taman Bunga Nunsatara dan wisata air Jangari di Kecamatan Mande, datang mengunakan kendaraan bak terbuka.

Tradisi papajar atau menyambut datangnya bulan suci Ramadan itu, dilakukan warga dari berbagai wilayah di Cianjur dengan menggelar acara makan bersama sanak saudara atau tetangga satu kampung.

Tatang, staf Humas Kebun Raya Cibodas saat dihubungi, mengatakan, angka kunjungan menjelang masuknya bulan puasa tahun ini, terus meningkat setiap harinya dan diperkirakan akan terjadi puncaknya pada Minggu.

(Baca Juga: Jarang Diungkap, Inilah Daftar Rapper-Rapper Muslim Paling Sukses di Dunia)

(Foto: Instagram m.herrywirawan)

"Untuk hari ini diperkirakan sudah lebih dari lima ribu orang yang sebagian besar wisatawan lokal yang melakukan papajar. Puncaknya diperkirakan akan terjadi besok dengan angka kunjungan lebih banyak," katanya.

Dia menjelaskan, setiap tahun menjelang masuknya bulan puasa angka kunjungan meningkat taam dibandingkan hari libur lainnya. Bahkan angka kunjungan tetap tinggi meskipun hari kerja yang didominasi wisatawan lokal.

Hal senada terucap dari Heri pengelola tempat wisata air Jangari, sejak satu pekan terakhir angka kunjungan wisatawan lokal yang melakukan tradisi papajar ke lokasi wisata air itu, meningkat hingga 5 persen dari hari biasa.

"Hari ini diperkirakan sudah mencapai 1.500 lebih pengunjung yang memadati sejumlah tempat di Jangari. Meskipun masih minim sarana dan prasarana penunjang Jangari masih menjadi tempat favoriet setiap menjelang puasa," katanya.

Sementara Ikbal Selamet (32) warga Kecamatan Cianjur, mengatakan, dia sengaja datang ke Jangari bersama keluarga besarnya untuk melakukan tradisi papajar sebelum masuknya bulan puasa.