nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Indonesia Ranking 3 Penderita Kusta di Dunia, Yuk Ketahui Penyebabnya

Agregasi Antara, Jurnalis · Minggu 13 Mei 2018 01:25 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 05 13 481 1897552 indonesia-ranking-3-penderita-kusta-di-dunia-yuk-ketahui-penyebabnya-LJQ1EbL3ZY.jpg Aksi Damai Gerakan Masyarakat Peduli Indonesia dan Dunia Tanpa Kusta (Foto: Okezone)

SEMARANG – Indonesia menempati posisi tiga besar jumlah penderita kusta di dunia, setelah India dan Brasil. Ironisnya, masalah terbesar yang dihadapi para penderita kusta bukanlah penyakitnya, melainkan stigma dari masyarakat.

"Di Indonesia, masalah terbesar yang dihadapi penderita kusta adalah stigma," kata Pakar kesehatan kulit Dr. dr. Renni Yuniati, SpKK saat menjadi pembicara pada Semarang Progress in Emerging and Re-emerging Infectious Diseases (Speed) 5, di Semarang.

Menurut dia, stigma terhadap penderita kusta harus dihilangkan agar mereka bisa terbuka menyelesaikan pengobatan untuk mengobati penyakitnya yang berlangsung antara sembilan bulan sampai 1,5 tahun.

Ia mencontohkan ada satu pasien di sebuah keluarga yang dalam satu rumah tidak mendukung pengobatan atas penyakit kusta yang dideritanya sehingga hanya berobat ke apotik dan toko obat.

"Akhirnya, pasien ini berada dalam kondisi kecacatan yang cukup parah akibat penyakitnya dan tidak berdaya. Makanya, saya ingatkan untuk tidak memberikan stigma negatif terhadap penderita kusta," katanya.