nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ramadan Tinggal Menghitung Hari, Ini Hal-Hal yang Harus Anda Persiapkan

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Senin 14 Mei 2018 20:21 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 05 14 196 1898275 ramadan-tinggal-menghitung-hari-ini-hal-hal-yang-harus-anda-persiapkan-4suz9hBbsO.jpg (Foto: Reuters)

RAMADAN merupakan momen untuk terjadinya perubahan dalam diri seseorang. Perubahan tersebut mulai dari ibadah yang ditingkatkan hingga perubahan pola aktivitas yang mungkin berbeda dari hari-hari biasanya.

Berikut ini hal-hal yang perlu Anda persiapkan untuk menghadapi Ramadan, seperti dilansir Aboutislam, Senin (14/5/2018).

Buat Satu Tujuan Utama

Ketika menjalani ibadah di bulan Ramadan, seseorang bisa melakukan ibadah dengan menargetkan pencapaian yang ingin dicapai. Misalnya, Anda bisa membuat suatu bagan kemudian isi bagan itu dengan ibadah-ibadah yang ingin Anda lakukan.

 

Misalnya, Anda bisa menjadikan target untuk bisa mengkhatamkan Alquran pada Ramadan tahun ini. Jadikan ini target utama, sehingga Anda bisa memperhitungkan bagaimana untuk bisa mencapai target utama Anda, di samping target-target lainnya yang bisa Anda selesaikan.

Baca juga: 3 Menu untuk Sahur Pertama, Ga Ribet dan Tetap Lezat

Realistis terhadap Target Anda

Mempelajari tafsir surah-surah dalam Alquran mungkin sulit bagi Anda. Tidak mengapa, jika Anda bisa mempelajarinya paling tidak satu saja. Ini saja sudah baik dan bisa Anda terus meningkatkannya.

 

Anda juga bisa mengukur kemampuan Anda untuk bisa realistis terhadap target pencapaian Anda. Bila membaca Alquran penuh sukar bagi Anda, maka buatlah target 15 juz yang bisa Anda lakukan.

Baca juga: Ini Trik Minum Air Mineral agar Tubuh Tidak Dehidrasi Selama Bulan Puasa

Jaga Diri Anda

Ramadan membuat Anda harus menahan lapar serta haus ketika di siang hari. Solusi dari lapar dan haus ini baru dapat dituntaskan ketika masuk waktu magrib.

Terkadang, Anda begitu bersemangat dan memiliki keinginan yang besar untuk menyantap berbagai macam makanan. Meskipun keinginan untuk mengonsumsi banyak makanan sangat besar, Anda perlu tetap menjaga porsi makanan Anda.

Selain itu, Anda juga bisa menjaga kesehatan dengan beristirahat pada waktu yang tepat, sehingga Anda dapat menjalani hari-hari Anda dengan sebaik-baiknya.

Perbanyak Doa

Tidak hanya pada saat Ramadan, doa bisa dipanjatkan di luar Ramadan. Berdoalah kepada Allah untuk menyembuhkan penyakit, sehingga Anda sehat dan bisa beribadah dengan baik.

Berdoa dengan bahasa Anda sendiri dan ungkapkan semua apa yang Anda inginkan. Allah selalu mendengarkan doa seorang hamba dan Anda dapat merasa lebih baik dengan berdoa.

Berdoa pada waktu tertentu juga dianjurkan, misalnya ketika jeda azan dan iqamat serta doa di sepertiga malam terakhir.

Berzikir

Salah satu amalan yang ringan dilakukan ialah seseorang berzikir. Anda dapat melakukan zikir kapan saja, bahkan ketika berada dalam perjalanan sekalipun.

Jaga lidah agar tetap basah dengan bacaan zikir yang sesuai dengan tuntunan Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa Sallam.

1 / 5

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini