nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mencicip Bento Musim Semi di Jakarta

Koran SINDO, Jurnalis · Senin 14 Mei 2018 17:44 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 05 14 298 1898173 mencicip-bento-musim-semi-di-jakarta-9E393q89lu.jpg Foto: Koran SINDO

DI BAWAH pohon sakura di atas rerumputan, menikmati bento merupakan cara yang tepat untuk merayakan musim semi. Bento adalah makanan bekal berupa nasi berikut lauk pauk dalam kemasan praktis yang bisa dibawa dan dimakan di tempat lain.

Nah, sekrang tanpa perlu tiket dan perjalanan jauh ke Negeri Sakura untuk menyantap makanan tersebut. Sebab sejumlah restoran bergaya Jepang di Jakarta menawarkan sajian khas musim semi itu.

Terinspirasi dari keindahan sakura, menu hanami memberikan pengalaman unik seolah-olah Anda sedang piknik di Jepang. Dengan bahan-bahan terbaik, kini terdapat empat varian hidangan yang lezat.

Pertama ada hanami bento with tori karaage yang akan menjadi paduan terbaik musim semi dalam bento yang berisi sakura denbu sushi, inari sushi, dan tori karaage. Lalu, ada hanami bento with dory black pepper, di mana rasa musim semi yang kental ada dalam sekotak bento berisikan nasi sakura denbu, dory lada hitam, dan tempura.

Bento. Foto  heraldsun

Nasi dipadu lembut dengan ikan dory lada hitam dan tempura yang digoreng renyah. Pilihan ketiga ada hanami bento with chicken teriyaki yang akan menjadi sekotak bento dengan campuran pasta ala Jepang, sakura denbu sushi, dan chicken teriyaki.

[Baca Juga: Mencicipi Dosirak, Nasi Kotaknya Orang Korea]

Seperti sedang merasakan campuran fusion dari kuliner Italia, ada tambahan tobiko atau telur ikan di atasnya. Setelah mencicip ketiga jenis bento ini, jangan lupakan pesan juga dessert yang juga bertema Hanami Festival, yaitu japanese raindrop cake. Dessert segar ala Jepang dengan bentuk menyerupai titik hujan ini adalah kombinasi dengan es krim vanila, stroberi, bluberry, dan peanut crumble yang dilapisi saus maple atau lemon.

Seperti halnya nasi bungkus, bento bisa dimakan sebagai makan siang, makan malam, atau bekal piknik. Bento biasanya dikemas untuk porsi satu orang, walaupun dalam arti luas bisa berarti makanan bekal untuk kelompok atau keluarga.

Bento bisa dibeli atau disiapkan sendiri di rumah. Ketika dibeli, bento sudah dilengkapi sumpit sekali pakai, berikut penyedap rasa yang disesuaikan dengan lauk, seperti kecap dalam kemasan mini. Ciri khas bento adalah pengaturan jenis lauk dan warna agar sedap dipandang serta mengundang selera. Bento dapat pula dihias dan disusun rapi dalam gaya yang disebut kyaraben.

Kemasan bento selalu memiliki tutup. Wadah bento bisa berupa kotak atau nampan segi empat dari plastik, kotak roti, atau kotak kayu kerajinan tangan yang dipernis. Ibu rumah tangga di Jepang dianggap perlu terampil menyiapkan bento, walaupun bento bisa dibeli di mana-mana.

[Baca Juga: Bento Isi Daging Mewah Ini Dijual Hampir Rp35 Juta, Minat Beli?

(abp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini