nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Suka Ngemil Kacang? Ini Cara Menyimpannya biar Tetap Renyah

Pradita Ananda, Jurnalis · Selasa 15 Mei 2018 07:11 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 05 14 298 1898254 suka-ngemil-kacang-ini-cara-menyimpannya-biar-tetap-renyah-Jcz85B370d.jpg Kacang-kacangan (Foto: Youtube)

TIDAK dipungkiri, salah satu camilan yang biasanya hadir mengisi wadah toples-toples camilan di rumah saat bulan Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri adalah kacang-kacangan.

Kacang-kacangan sepertiu, almond, pistachio ataupun walnuts sejatinya tidak dipungkiri memang jadi salah satu sumber vitamin esensial, mineral, dan lemak-lemak baik, di luar rasanya yang lezat.

Berlabel sebagai camilan sehat (dikonsumsi dengan jumlah yang pas tidak berlebihan), namun sayangnya dalam hal penyimpanan, kacang-kacangan bisa menjadi sedikit tantangan, mengingat kacang ini mudah terkena suhu lembap dan berubah tekstur.

Umur simpan berbagai kacang sendiri dikatakan dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor. Tanggal pembuatan, hingga suhu tempat di mana kacang disimpan adalah beberapa faktor yang dapat menentukan umur simpan kacang. Nah, agar kacang Anda tidak rusak, penting untuk menyimpannya dalam kondisi yang tepat. Menyitat Ndtv, Selasa (15/5/2018) ini beberapa cara untuk menyimpan kacang untuk penggunaan jangka panjang.

 Baca juga: Gagal Fokus! Keseksian Pria Ini Tutupi Keberhasilannya Menangkap Hiu Martil

Beli dalam keadaan segar 

Cara pertama untuk menjaga kesegaran kacang dalam periode waktu yang lebih lama, dikatakan cara terbaiknya adalah kacang-kacang tersebut dibeli dalam kondisi segar. Alih-alih langsung membeli sekali dalam porsi besar, lebih baik pilih yang porsiannya lebih kecil yang sekiranya cukup untuk dikonsumsi dalam waktu beberapa minggu. Jika tidak disimpan dengan benar, kacang yang dibeli dalam jumlah besar dapat menjadi tengik dalam waktu cepat, terutama saat terkena panas. Terlepas dari ini, penting untuk memastikan kesegarannya juga; jadi, sebelum membeli stok kacang, jika memungkinkan cobalah mencicipinya terlebih dahulu.

Simpan di wadah tertutup rapat

Trik lainnya ialah dengan menyimpannya di wadah kedap udara. Wadah kedap udara tidak memungkinkan udara meresap, yang akhirnya dapat membantu membuat kacang untuk tetap segar lebih lama. Kacang-kacangan seperti almond dan walnut memiliki kecenderungan untuk menyerap bau luar. Untuk menghindari hal ini, maka pemaikaian wadah kedap udara sebagai wadah penyimpanan bisa sangat berguna.

 Kacang

Simpan di tempat sejuk dan dalam kondisi kering 

Jika selama ini Anda menyimpan kacang di dapur, dengan posisi terletak tepat di atas kompor, jangan lakukan hal ini lagi! Mengekspos kacang ke suhu tinggi dapat membuat kacang cepat tengik loh! Kemudian hal lainnya yang perlu diperhatikan adalah memastikan kacang dalam kondisi benar-benar kering sebelum disimpan.

Panggang

Untuk memperpanjang usia kacang, trik keempat yang bisa dilakukan adalah dengan memangangnya. Saat merasa bahwa kacang-kacangan mulai terasa basi, panggang di dalam oven selama beberapa menit untuk memperpanjang umur simpannya. Metode ini dikatakan mungkin dapat mengembalikan rasa mereka. Namun, dengan catatan, tergantung juga pada sejauh mana kacang sudah basi. Jika minyak dalam kacang sudah rusak, maka sebetulnya kacang tersebut tidak bisa diperbaiki.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini