nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

4 Destinasi Wisata Bersejarah Buktikan Kuatnya Rakyat Surabaya

Annisa Aprilia, Jurnalis · Senin 14 Mei 2018 19:45 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 05 14 406 1898226 4-destinasi-wisata-bersejarah-buktikan-kuatnya-rakyat-surabaya-NyS44NOv2M.jpg (Foto: Dailywuz)

SURABAYA tengah menjadi sorotan masyarakat Indonesia. Peristiwa meledaknya bom di Kota Pahlawan tersebut membuat banyak orang mengecam dan menyayangkannya, sebab terjadi tidak hanya satu kali.

Kota yang memiliki ikon patung sura dan buaya ini merupakan salah satu kota besar di Indonesia yang menyimpan banyak makna dan sejarah. Pasalnya, kota yang kini tengah dirundung duka tersebut dulunya sempat menjadi lokasi pertempuran antara Indonesia dengan pasukan sekutu.

Berikut bukti sejarah yang bisa dikunjungi oleh pelancong dari dalam dan luar negeri, sekaligus secara tidak langsung menunjukkan Surabaya merupakan kota dengan rakyatnya yang kuat, dirangkum dari berbagai sumber, Senin (14/5/2018).

1. Monumen Nasional Tugu Pahlawan

Menyambangi Surabaya belum lengkap jika tidak mengunjungi monumen yang paling bersejarah di kota ini. Tugu Pahlawan setinggi sekira 40 meter, bentuknya menyerupai paku terbalik tersebut juga merupakan destinasi yang sangat terkenal di Surabaya, dan kerap dikunjungi wisatawan.

 

Di Monumen Nasional Tugu Pahlawan Surabaya, para pelancong tidak hanya bisa sekadar berfoto saja, tetapi juga dapat melihat foto-foto dokumentasi yang berada di bawah tanah Tugu Pahlawan. Pelataran Tugu Pahlawan juga kerap digunakan sebagai lokasi digelarnya peringatan hari pahlawan.

Baca juga: 10 Cara Menjaga Otak Anda, Salah Satunya Hindari Kebanyakan Main Sosmed

2. Monumen Kapal Selam

Jika sebagian besar monumen berbentuk tugu tinggi seakan menembus langit, berbeda dengan monumen yang satu ini. Sesuai dengan namanya, yaitu Monumen Kapal Selam, bentuknya pun berasal dari kapal selam sungguhan alias asli, yang digunakan Indonesia ketika membebaskan Irian Barat dari penjajahan Belanda.

 

Baca juga: Melihat Kapal Selam 'Parkir' di Taman Swarga Puspitaloka

3. Jembatan Merah

Saksi bisu akan perjuangan warga Surabaya lainnya ialah Jembatan Merah. Dulunya di Jembatan Merah ini rakyat Surabaya berjuang melawan penjajahan Belanda, termasuk peristiwa 10 November silam. Di Jembatan Merah pula Mallaby, jenderal tinggi Belanda tewas.

4. Monumen Bambu Runcing Surabaya

Bambu runcing menjadi senjata yang paling banyak digunakan oleh rakyat Surabaya saat berperang melawan penjajah. Untuk menghormati peran bambu runcing sebagai senjata sekaligus simbol perlawanan bangsa Indonesia, sebuah monumen berbentuk dan bernama Bambu Runcing pun dibuat.

1 / 4

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini