nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cara Tepat Mengobati Luka Bakar dengan Lidah Buaya

krjogja.com, Jurnalis · Senin 14 Mei 2018 11:06 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 05 14 481 1897978 cara-tepat-mengobati-luka-bakar-dengan-lidah-buaya-2x1ddzfY0R.jpg Ilustrasi. Foto: Istock

BAGI yang suka memasak di dapur, pasti pernah mengalami luka bakar. Lalu apa yang Anda lalukan untuk tindakan pertolongan pertama?

Jawabannya ternyata sangat sederhana dan mudah didapatkan, yakni mencari lidah buaya. Tanaman herbal ini dipercaya dapat menyembuhkan luka bakar ringan yang disebabkan oleh ‘kecelakaan’ saat melakukan aktivitas di dapur rumah.

Dilansir dari Food & Wine, lidah buaya merupakan obat alami untuk menyembuhkan luka bakar ringan. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan oleh University of Michigan, tanaman ini memiliki senyawa aktif yang dapat membantu mengurangi rasa sakit, pembengkakkan, serta memperiki kulit yang terbakar.

Gel lidah buaya juga memiliki kemampuan khusus untuk menghidrasi, dalam arti lain Anda akan melihat tekstur dan elastisitas kulit membaik ketika telah diberikan lidah buaya secara rutin. Bahkan, salah satu studi menunjukkan bahwa rata-rata pasien yang terkena luka bakar ringan tingkat kesembuhannya cenderung lebih cepat 9 hari, dibandingkan pasien yang tidak mengoleskan gel lidah buaya pada luka mereka.

[Baca Juga: 5 Manfaat Lidah Buaya, Bisa Jaga Kesehatan Kulit hingga Sembuhkan Segala Penyakit]

Untuk membuat gel tersebut, caranya adalah Anda hanya perlu memeras lidah buaya secara perlahan hingga cairan bertekstur kental terlepas dari kulit lidah buaya. Setelah itu, gunakan gunting tajam untuk memotong daun lidah buaya. Lalu belah menjadi dua bagian, kemudian tempelkanlah kulit lidah buaya dan sisa dagingnya ke bagian kulit yang terbakat.

Rasa perih mungkin akan mulai terasa menyakitkan ketika kulit lidah buaya menempel erat. Tapi jangan buru-buru di lepas dulu, biarkan luka bakar menyerap nutrisi yang dikeluarkan lidah buaya selama beberapa jam.

[Baca Juga: Campuran Lidah Buaya dan Madu Bisa Mempercepat Masa Penyembuhan Luka]

Lidah buaya. Foto Stylecraze

(abp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini