nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sehabis Makan Jangan Langsung Mandi, Ini Penjelasan Ilmiahnya

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Senin 14 Mei 2018 17:00 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 05 14 481 1898075 sehabis-makan-jangan-langsung-mandi-ini-penjelasan-ilmiahnya-0UELSHWTqw.jpg Ilustrasi (Foto: Boldsky)

MAKANAN adalah produk budaya yang berasal dari perpaduan tradisi serta identitas suatu bangsa. Di sisi lain, ketika kita berbicara soal makanan tentu erat kaitannya dengan kesehatan dan kesejahteraan setiap individu. Jika Anda menerapkan pola hidup sehat seperti menghindari kebiasaan buruk mengonsumsi makanan-makanan cepat saji, hal tersebut tentu akan menghindari Anda dari berabgai penyakit.

Namun, kali ini Okezone akan membahas tentang sebuah kebiasaan makan yang tanpa disadari sering kita lakukan yaitu, mandi setelah mengonsumsi makanan besar. Seperti dilansir dari Times of India, Senin (14/5/2018), saat ini orang-orang dinilai mulai hidup bertentangan dengan alam, seperti mengabaikan berbagai tradisi turun temurun dari nenek moyang kita, yang notabennya terbukti telah memperpanjang usia serta menjaga keehatan mereka.

Selain itu, aktivitas yang sangat padat juga membuat banyak orang mengabaikan kegiatan sehari-hari yang harus dilakukan tepat waktu. Salah satunya adalah membersihkan tubuh dari kotoran (mandi). Jadi tidak hanya diet seimbang, ada beberapa faktor penting lainnya yang dapat menunjang kehidupan seseorang. Berikut penjelasan para ahli dan ilmu kesehatan india (Ayurveda) tentang kebiasaan mandi setelah mengonsumsi makanan.

Baca juga: Gagal Fokus! Keseksian Pria Ini Tutupi Keberhasilannya Menangkap Hiu Martil

Menurut Ayurveda, setiap aktivitas memiliki jangka waktu tertentu. Dengan kata lain, jika dilakukan di luar batas waktunyanya, hal tersebut justru dapat memberikan efek samping yang buruk bagi tubuh manusia. Dalam konteks ini, dikatakan seseorang tidak boleh mandi selama kurang lebih 2 jam setelah mengonsumsi makanan.

makan siang

Pasalnya, elemen apa di dalam tubuh akan aktif untuk membantu sistem pencernaan. Namun, ketika Anda memutuskan untuk mandi, suhu tubuh pun akan menurun sehingga membuat proses pencernaan berlangsung lambat.

Pernyataan ini juga didukung oleh ilmu kedokteran modern yang mengklaim bahwa mandi dapat mengurangi suhu tubuh. Akibatnya, siklus darah yang digunakan untuk membantu pencernaan akan dialihkan ke arrah kulit untuk mempertahankan suhunya.

Baca Juga: Gaya Berbusana Seksi Kendall Jenner di Cannes 2018 Bikin Mata Tak Berkedip!

Menurut Tanya Kapoor, dari Wellness by Tanya, “Mandi setelah makan sering menyebabkan kegelisahan, meningkatnya kandungan asam yang dapat menyebabkan muntah, serta memicu obesitas. Sama seperti alam, seseorang harus mandi sebelum makan, karena setiap sel di dalam tubuh akan mendapatkan energi yang memicu timbulnya rasa segar.

pria mandi

Lebih lanjut Tanya menjelaskan, “Sebaiknya tunggu selama kurang lebih 35-40 menit setelah makan jika Anda ingin mandi,”.

Berdasarkan pernyataan di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa sebaiknya hindari aktivitas mandi setelah mengonsumsi makanan, karena kegiatan tersebut dapat menghambat proses pencernaan yang berujung pada ketidakseimbangan mekanisme internal pada tubuh manusia.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini