nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Selain Tanggung Biaya, Pemerintah Akan Berikan Trauma Healing untuk Korban Bom Surabaya

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Senin 14 Mei 2018 18:51 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 05 14 481 1898225 selain-tanggung-biaya-pemerintah-akan-berikan-trauma-healing-untuk-korban-bom-surabaya-LxMjjZTrI4.jpg Menkes Nila Moeloek (Foto: Leo/Okezone)

TERORISME yang melanda Surabaya sejak akhir pekan lalu, telah menyisakan luka mendalam bagi Tanah Air. Banyak korban jiwa yang berjatuhan, tak sedikit anak kecil pun ikut menjadi korban dalam kejadian tragis tersebut.

Tak pelak, banyak kritikan dan komentar pedas yang diberikan warganet untuk mengutuk kejadian biadab dan tidak berkeprikemanusiaan tersebut. Pemerintah pun seakan tidak tinggal diam dan langsung bertindak untuk menyisir semua titik yang diperkirakan menjadi sarang teroris.

Melihat kejadian tak manusiawi tersebut, Menteri Kesehatan, Prof. Dr. dr. Nila Djuwita Anfasa Moeloek SpM (K) langsung bergegas menuju tempat kejadian perkara di Surabaya. Setelah melakukan peninjauan ke rumah sakit tempat korban dirawat, Nila melihat sebagian besar dari mereka mengalami luka bakar serius mencapai 90 persen.

“Luka yang diderita para korban beragam, mengingat bahan peledak yang digunakan menggunakan campuran bensin. Jadi yang paling parah adalah luka bakar. Korban mengalami luka bakar hampir 90%. Jika kita mengalami luka bakar, maka cairan kita akan keluar,” terang, Nila Moeloek, saat ditemui Okezone dalam sesi jumpa wartawan di gedung Kemenkes RI, Senin (14/5/2018).

luka bakar

Baca juga: Gagal Fokus! Keseksian Pria Ini Tutupi Keberhasilannya Menangkap Hiu Martil

“Seperti lesi atau gelembung-gelembung pada permukaan kulit, akibatnya cairan dalam tubuh akan terganggu. Jadi tim dokter mengupayakan untuk mengatasi masalah cairan tersebut lebih dahulu. Untuk semua biaya, pemerintah akan menanggung dari awal hingga akhir pengobatan,” tambahnya.

Tak hanya untuk korban yang mengalami luka fisik, pemerintah juga berencana akan memberikan trauma healing bagi mereka yang mengalami trauma psikis pasca teror bom di Surabaya. Hal tersebut bertujuan untuk membantu para korban yang trauma atau frustrasi karena kehilangan anggota keluarganya.

Quotes Menkes Nila

Baca Juga: Gaya Berbusana Seksi Kendall Jenner di Cannes 2018 Bikin Mata Tak Berkedip!

“Kemarin kami juga telah membicarakan dan melihat bahwa beberapa korban yang terluka sudah pulang. Yang jelas baik mereka yang luka maupun tidak terluka, pasti mengalami trauma psikis. Jadi hal tersebut akan kami pikirkan, terutama bagi korban yang kehilangan keluarganya. Jadi yang jelas, akan ada trauma healing yang dilakukan pemerintah kepada para korban.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini