nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Trik Jauhkan Anak dari Ancaman Pelecehan Seksual, Ini 4 Langkahnya!

Dewi Kania, Jurnalis · Senin 14 Mei 2018 21:26 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 05 14 481 1898263 trik-jauhkan-anak-dari-ancaman-pelecehan-seksual-ini-4-langkahnya-BFLNDFcRo7.jpg Ilustrasi (Foto: Liveabout)

PELECEHAN dan kekerasan pada anak banyak terjadi di hampir semua belahan dunia. Dampaknya tentu akan mengganggu psikis anak dan menghambat kualitas hidupnya.

Anak-anak korban kekerasan seksual umumnya enggan bersosialisasi dengan orang lain. Sifat ini jelas akan terbawa sampai dewasa kelak.

Karenanya, sejak dini orangtua harus mencegah anak-anak dari bahaya kekerasan dan pelecehan seksual. Tidak hanya dari film saja, banyak tips yang bisa diajarkan kepada anak-anak. Psikolog Klinis ternama dari Mumbai, Arti Shroff, memberitahu Anda cara mengenali dan mencegah pelecehan anak.

Banyak langkah preventif yang bisa membuat Anda bisa menghindarkan si kecil dari risiko buruk akibat terjadinya kekerasan dan pelecehan seksual. Simak empat tipsnya berikut ini, dilansir Thehealthsite, Senin (14/5/2018).

Kenali setiap perubahan perilaku pada anak

Seiring bertambah usia, perilaku anak-anak berubah. Ketika anak menghadapi satu masalah serius, biasanya mereka rentan mengalami perubahan suasana hati, tidur tidak nyenyak, hingga nafsu makannya berkurang. Mereka juga mudah mengalami sakit perut dan sakit kepala karena gelisah. Agar tidak jadi dampak serius, seharusnya, orangtua harus melindungi anak-anak dengan cara mengelola emosinya sejak kecil. Saat mereka berbuat kesalahan kecil, jangan langsung dihuku, karean bisa membuatnya putus asa.

Anak Murung

Baca Juga: Gaya Berbusana Seksi Kendall Jenner di Cannes 2018 Bikin Mata Tak Berkedip!

Beri tahu mereka bagian tubuh pribadi yang tidak boleh disentuh

Kenalkan bagian-bagian yang menjadi area pribadi dan tidak boleh disentuh dengan orang lain. Untuk anak perempuan beri tahu kalau bagian payudara dan area kelaminnya jadi hal sensitif, yang tidak boleh diketahui orang lain. Sementara untuk anak laki-laki, beri tahu area-area sensitif, yakni kemaluannya yang tidak boleh diperlihatkan kepada orang lain. Jika dikenalkan sejak balita dan sampai mereka besar, Anda bisa melindungi anak-anak dari pelecehan seksual.

Kenali orang dewasa yang ada di sekitarnya

Penting bagi orangtua untuk mengenali orang dewasa yang selalu berinteraksi dengannya. Misalnya guru di sekolah, ibu atau ayah dari tema dekatnya, dan sebagainya. Beri tahu kepada anak, saat menemui orang asing yang tak dikenal sebelumnya jangan direspon. Mereka dikhawatirkan sosok predator yang mencari sasaran empuk dalam hal pelecehan seksual.

Keluarga

Baca juga: Gagal Fokus! Keseksian Pria Ini Tutupi Keberhasilannya Menangkap Hiu Martil

Pantau smartphone anak

Anak-anak yang sudah lihai berselancar di dunia maya harap diwaspadai. Orangtua harus sering cek aplikasi smartphone dan akun media sosial mereka. Karena saat ini munculnya predator memburu korban lewat media sosial. Bahayanya, jika anak Anda terjebak dalam jebakan predator, dampaknya akan merugikan kehidupan si anak.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini