nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mana yang Lebih Cepat untuk Menurunkan Berat Badan, Renang atau Bersepeda?

Lidya Julita Sembiring, Jurnalis · Selasa 15 Mei 2018 06:45 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 05 14 481 1898281 mana-yang-lebih-cepat-untuk-menurunkan-berat-badan-renang-atau-bersepeda-IbANCpAvQ5.jpg Berat badan (Foto: Remedies for me)

SETIAP orang pastinya menginginkan badan yang ideal tanpa lemak yang berlebih. Untuk itu, banyak yang rajin berolahraga, diet dan makan makanan sehat agar berat badan bisa ideal. Karena menciptakan defisit kalori dinilai menjadi modal utama jika seseorang ingin menurunkan berat badan.

Dalam olahraga, setiap bentuk latihan ketika dikombinasikan dengan diet yang tepat dapat membantu Anda mencapai tujuan penurunan berat badan Anda. Jumlah kalori yang Anda bakar saat Anda melakukan aktivitas fisik tergantung pada jenis aktivitas, intensitas dan jumlah waktu yang Anda gunakan untuk itu.

Sangat bijaksana untuk memilih dan melakukan aktivitas fisik yang Anda ingin lakukan dan dapat melakukan secara teratur. Memilih untuk melakukan apa yang tidak Anda sukai hanya akan membuat Anda tidak teratur dengan rutinitas itu.

 Baca juga: Sarapan Pizza Lebih Baik dari Sereal? Ini Buktinya

Dilansir dari Times Of India, ada dua aktivitas fisik yang akan dibandingkan, yakni berenang dan bersepeda. Dari keduanya, manakah yang lebih baik untuk menurunkan berat badan?

Berenang

 

Berenang adalah latihan berdampak rendah yang menggunakan semua bagian tubuh dan itulah sebabnya, banyak orang merasa bahwa itu membantu mereka membakar lebih banyak kalori. Ini adalah latihan kardiovaskular yang bagus karena bagus untuk paru-paru dan jantung Anda.

Berenang juga baik untuk orang dengan masalah sendi. Air mendukung berat badan dan dengan demikian tidak menimbulkan tekanan pada sendi. Aktivitas ini cukup lengkap tetapi memberi tubuh bagian atas toning dan definisi yang hebat.

Latihan intensitas rendah lebih baik untuk membakar lemak. Berenang menjadi latihan intensitas rendah yang memenuhi syarat untuk menurunkan berat badan bila dibandingkan dengan bersepeda. Seorang pria dengan berat sekitar 70-80 kilogram membakar sekitar 750 kalori selama satu jam sesi berenang.

Selain itu, karena berenang menggunakan tubuh bagian atas dan bawah, ini adalah salah satu latihan tubuh total yang sempurna. Jika dilakukan dengan benar, berenang memiliki efek menenangkan dan meditatif pada pikiran dan tubuh Anda.

Bersepeda

 Sepeda

Bersepeda, jika dilakukan dengan kecepatan sedang, dianggap sebagai latihan intensitas rendah. Tetapi beberapa kelemahan bersepeda adalah jika siklus Anda tidak sesuai dengan ukuran yang tepat atau jika Anda tidak melakukannya dengan benar maka dapat menyebabkan cedera.

Meskipun demikian latihan ini mudah dilakukan karena Anda dapat melakukannya saat pergi ke kantor atau pasar. Anda tidak perlu mengambil waktu ekstra, tidak seperti berenang.

Bersepeda dengan intensitas yang lebih tinggi membantu seseorang membangun otot di betis, paha depan, dan glutes. Tidak seperti berenang, bersepeda memberi manfaat lebih banyak pada tubuh bagian bawah Anda karena kaki Anda yang bekerja.

Seorang pria dengan berat 70-80 kilogram akan membakar sekitar 600 kalori sambil bersepeda dengan kecepatan 10-15 mph. Jadi, dalam perlombaan penurunan berat badan, renang yang menang karena membantu seseorang membakar lebih banyak kalori dalam jumlah waktu yang sama.

Hal yang perlu diingat

Jika Anda memiliki kondisi kesehatan yang bermasalah, Anda harus berkonsultasi dengan dokter sebelum memulai latihan rutin apa pun.

Berenang adalah latihan beban non-berat yang tidak memiliki efek penguatan tulang seperti menjalankan bersepeda. Namun, berenang dan bersepeda dapat membantu Anda membangun otot, meningkatkan kebugaran paru-paru dan kesehatan kardiovaskular Anda.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini