nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Benarkah Uang Jadi Sumber Utama Konflik Rumah Tangga?

Martin Bagya Kertiyasa, Jurnalis · Selasa 15 Mei 2018 15:04 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 05 15 196 1898505 benarkah-uang-jadi-sumber-utama-konflik-rumah-tangga-peuEhDRT9K.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

SELAIN masalah orang ketiga, keharmonisan sebuah rumah tangga juga bisa terganggu dengan masalah keuangan. Masalah finansial ini bisa menjadi penyebab utama keretakan hubungan suami istri.

Menurut survei yang dirilis oleh SunTrust Bank, sekira 35 persen dari semua responden yang mengalami konflik dengan pasangan mereka mengatakan bahwa uang adalah penyebab utama gesekan. Responden tersebut, berada di usia 44 hingga 54 tahun. Sementara 44 persen dari mereka mengatakan uang adalah penyebab utama.

Direktur Pemasaran SunTrust, Emmet Burns, mengatakan uang benar-benar berdampak pada kehidupan orang. Uang dan stres tampaknya berjalan beriringan untuk banyak orang, demikian disitat dari CNBC, Selasa (15/5/2018).

Baca Juga: Desa Berhantu Disulap Jadi Instagramable oleh Seniman, Berani Datang?

(Foto: Shutterstock)

Sementara sebuah penelitian yang dirilis oleh American Psychological Association menemukan hampir tiga perempat orang Amerika mengalami stres keuangan, dan hampir seperempat dari mereka merasakan tekanan keuangan yang ekstrem.

Dari responden tersebut, sekira 34 persen mengatakan mereka adalah penghemat dan pasangan mereka seorang yang boros. Sementara 13 persen mengatakan sebaliknya. Artinya, total 47 persen responden tersebut mengatakan bahwa mereka dan pasangannya memiliki kebiasaan menabung dan belanja yang berbeda.

Baca Juga: 5 Selebriti Hollywood Ini Pernah Tutup Akun Instagramnya, Siapa Saja?

(Foto: Shutterstock)

Selain soal uang, pasangan yang berdebat juga terjadi karena menyembunyikan transaksi dari satu sama lain. Satu dari 5 orang Amerika mengatakan mereka telah menghabiskan USD500 atau lebih, tanpa memberi tahu pasangan mereka, sementara 6 persen memiliki akun rahasia atau kartu kredit khusus.

SunTrust, juga menemukan bahwa 36 persen dari mereka tidak berkonsultasi dengan pasangannya, jika ingin membeli barang-barang mahal.

Sementara sebuah jajak pendapat di Inggris yang dilakukan ke lebih dari 2.000 orang dewasa, oleh firma hukum Slater dan Gordon, menemukan bahwa kekhawatiran atas uang menjadi alasan mengapa pasangan berpisah, dengan sekira satu dari lima orang mengatakan itu adalah penyebab terbesar perselisihan perkawinan.

(Foto: Shutterstock)

Lebih dari sepertiga mengatakan bahwa tekanan keuangan merupakan tantangan terbesar bagi pernikahan mereka, sementara seperlima mengatakan bahwa sebagian besar argumen mereka adalah tentang uang. Satu dari lima orang yang disurvei menyalahkan pasangan mereka atas masalah finansial mereka, dan menuduh pasangannya membelanjakan terlalu banyak atau gagal mengelola anggaran dengan benar.

Pengacara Keluarga di Firma Hukum Slater and Gordon, Lorraine Harvey, mengatakan uang selalu menjadi masalah umum, dan jika seseorang merasa bahwa pasangan mereka tidak mampu memenuhi kebutuhan secara finansial, maka hal itu bisa sangat cepat menyebabkan keretakan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini