nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mau Berikan Anak Gadget? Simak 3 Tips Ini

Leonardus Selwyn, Jurnalis · Selasa 15 Mei 2018 17:05 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 05 15 196 1898562 mau-berikan-anak-gadget-simak-3-tips-ini-WEA0XdbsQ4.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

MEMPERKENALKAN gadget kepada anak merupakan salah satu hal positif yang bisa dilakukan orangtua. Pada zaman canggih seperti saat ini, kehadiran gadget memang dapat mempermudah aktivitas manusia.

Gadget memang bisa menjadi sarana edukasi yang baik bagi tumbuh kembang buah hati Anda. Namun, semuanya harus dilakukan dengan takaran atau batasan yang tepat.

Memperkenalkan gadget bukan berarti harus menggunakannya seharian penuh. Sebagai orang tua yang bijak, Anda harus bisa membatasi kebiasaan anak dalam bermain gadget. Pasalnya, jika berlebihan, hal tersebut justru bisa berdampak negatif bagi buah hati Anda.

Merangkum dari berbagai sumber, ada beberapa kiat khusus yang bisa Anda lakukan untuk membatasi anak ketergantungan gadget. Bagaimana caranya? Okezone akan merangkumnya, yuk disimak.

Baca Juga: 11 Pasang Calon Pengantin Menikah di Atas Panser, Maknanya Bikin Cinta NKRI

(Foto: Shutterstock)

1.Buat jadwal dan terapkan hidup disiplin

Anda sebaiknya mulai menyusun jadwal kegiatan untuk si buah hati. Jadwal tersebut akan membantu anak Anda untuk melaksanakan aktivitasnya dengan terstruktur. Dengan bertindak disiplin, si anak tentu bisa membagi kegiatannya dengan baik dengan tidak mengabaikan waktu belajar dan jam tidurnya.

2.Buat komitmen batas penggunaan gadget

Sebagai orang tua yang baik, ada baiknya bila Anda bisa berkomitmen dengan sang buah hati. Buatlah peraturan tentang batasan jam penggunaan gadget bagi buah hati Anda. Misalkan batasi penggunaan gadget lima jam sehari.

3.Alihkan dengan kegiatan lain seperti olahraga

Jika buah hati Anda sudah telanjur kecanduan gadget, maka ada baiknya untuk menyibukkan aktivitas anak dengan kegiatan lain. Olahraga bisa menjadi salah satu cara alternatif untuk mengurangi kebiasaan bermain gadget. Alihkan dengan beberapa permainan sesuai hobinya seperti bermain basket, bulutangkis atau sepakbola.

Baca Juga: Benarkah Uang Jadi Sumber Utama Konflik Rumah Tangga?

(Foto: Shutterstock)


(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini