nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Aktivitas yang Bisa Anda Lakukan Bersama Anak-Anak saat Ramadan

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Rabu 16 Mei 2018 04:01 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 05 15 196 1898577 aktivitas-yang-bisa-anda-lakukan-bersama-anak-anak-saat-ramadan-HU97toBndd.jpg (Foto: Parents Magazine)

RAMADAN bisa diisi dengan berbagai aktivitas yang bermanfaat. Ketika berada di rumah dan berkumpul bersama anak-anak, ada kegiatan yang bisa Anda lakukan bersama mereka.

Diambil dari berbagai sumber, berikut ini aktivitas yang bisa Anda lakukan bersama anak-anak saat Ramadan.

Ajak Anak ke Masjid

Bagi ayah yang bekerja pada saat weekdays, maka jangan lewatkan kesempatan mengajak anak-anak untuk salat bersama di masjid pada saat berkumpul di rumah. Hal ini bisa berdampak positif sebagai edukasi agar kelak anak-anak mencintai untuk salat berjamaah di masjid.

 

Pertimbangkan usia anak-anak yang memungkinkan untuk dibawa ke masjid. Orangtua juga perlu menyosialisasikan pada anak untuk bisa mengikuti jalannya ibadah salat berjamaah dengan tertib dan tidak mengganggu yang lain.

Baca juga: Bertahun-tahun Belajar Agama, Kiper Timnas Swedia Akhirnya Masuk Islam

Mengajarkan Membaca Alquran

Bagi orangtua yang mampu baca Alquran, maka orangtua bisa mengajarkan kepada anak-anak untuk belajar membaca Alquran. Sebagai alternatif, memanggil guru mengaji secara privat juga bisa menjadi pilihan untuk bisa lebih memperdalam kemampuan membaca Alquran bagi orangtua dan anak.

 

Baca juga: Menu untuk Sahur Pertama, Ga Ribet dan Tetap Lezat

Membaca

Ketika Anda berkumpul dengan sang buah hati, Anda bisa membacakan cerita-cerita bernuansa Islami. Mendampingi anak bisa membuat mereka lebih tertarik terhadap kisah yang diceritakan. 

Membacakan cerita Islami kepada anak-anak juga membantu mereka mengenal perjalanan dan perjuangan Nabi, memberikan gambaran kepada anak indahnya berbagi dan berbuat baik kepada sesama.

Menyiapkan Makanan Buka Puasa

Pada saat Ramadan, orangtua bisa menyiapkan hidangan berbuka puasa dengan melibatkan anak-anak. Misalnya, orangtua bisa membuat kue dan memberikan sebagian tugas ringan kepada anak. 

Dengan melibatkan anak membuat kue, maka anak bisa ikut merasakan kegembiraan saat menyiapkan hidangan untuk berbuka puasa. Membuat kue bersama anak-anak juga sebagai edukasi hal-hal yang berkaitan dengan dapur.

Dekorasi Rumah

Ketika berkumpul bersama anak-anak, orangtua bisa mendekorasi barang-barang di rumah dan mengajak anak untuk membuat dekorasi sederhana. Dekorasi sederhana itu misalnya membuat  hiasan yang bisa ditempel di pintu atau digantungkan di jendela-jendela.

1 / 5

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini