nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Nikmati Quality Time Bersama Keluarga dengan 5 Kegiatan Ini

Pradita Ananda, Jurnalis · Selasa 15 Mei 2018 21:04 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 05 15 196 1898659 nikmati-quality-time-bersama-keluarga-dengan-5-kegiatan-ini-dLfQZzCahV.jpg Ilustrasi keluarga (Foto: Shutterstock)

SETIAP orang di dalam satu keluarga, baik itu orangtua ataupun anak-anak hadir dengan kesibukan setiap harinya yang padat. Di mana dengan jadwal kegiatan yang sibuk tersebut, membuat kebanyakan waktu yang dimiliki memang dihabiskan bukan di rumah bersama keluarga, melainkan di luar rumah mulai dari tempat bekerja, di sekolah, hingga tempat les anak selama lima hari dalam satu pekan.

Hal ini akhirnya membuat waktu berkualitas bersama keluarga yang dimiliki paling tidak hanya tersisa dua hari, yakni saat akhir pekan itu pun dengan catatan jika tidak ada kegiatan tambahan lainnya. Maka dari itu sejatinya, waktu luang di akhir pekan sebaiknya sangat dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk bisa mempunyai waktu bersama yang berkualitas walaupun secara kuantitas memang sedikit.

Apa saja sih yang bisa dilakukan agar bisa memperoleh waktu berkualitas dengan keluarga? Merangkum dari berbagai sumber, Selasa (15/5/2018) berikut ulasan perihal bentuk pilihan kegiatan sederhana quality time bersama keluarga yang bisa dicoba.

(Baca Juga: Backpackeran Bawa Keluarga? Bisa Kok Asal Tahu Triknya)

1. Pergi keluar

Ada beberapa keluarga yang mungkin cenderung ‘membayar’ waktu kebersamaannya yang hilang dengan pergi traveling ke suatu tempat, baik lokal ataupun luar negeri secara rutin setiap tahunnya. Namun, tidak semua keluarga bisa melakukan demikian bukan? Nah, pergi keluar di sini bisa kok dilakukan dengan sederhana, sesimpel berolahraga bersama, pergi makan ke luar, atau pergi berpetualang ke sebuah taman kota yang mungkin belum pernah didatangi sebelumnya. Bisa juga misalnya dengan berkemah di akhir pekan. Jika keluarga Anda hadir dengan anak-anak remaja atau bahkan sudah dewasa, bisa juga dengan mengunjungi museum lokal setempat, akuarium, botanical garden, menonton konser musik, atau ke kebun binatang yang dulu waktu kecil sering dikunjungi. Intinya melakukan sesuatu bersama, menemukan dan menjelajahi tempat-tempat baru adalah kegiatan yang menarik untuk mempererat ikatan keluarga.

2. Membaca buku


Membaca dikatakan dapat memberikan suasana tenang dan membuat diri jadi fokus, bebas dari gangguan. Bersantailah bersama sebelum tidur dengan membaca buku bersama anak, dan bergiliran membaca halaman atau bab satu sama lain. Ini adalah cara yang bagus untuk menghubungkan diri secara intim one-on-one dengan anak-anak Anda, tetapi ini sekaligus juga jadi kegiatan yang menarik dan menghibur bagi seluruh keluarga.

 (Baca Juga: Mau Berikan Anak Gadget? Simak 3 Tips Ini)

3. Bermain games bersama


Tidak suka pergi keluar rumah? Siapa bilang tidak ada kegiatan asyik yang bisa dilakukan di dalam rumah bersama keluarga? Salah satu bentuknya bisa melalui suatu permain, mainkan suatu games yang bisa dimainkan oleh banyak orang, misalnya board games seperti monopoly, bananagrams, kartu, hingga scrabble. Jangan lupa untuk abadikan momen-momen sewaktu bermain, untuk menambah keseruan sekaligus jadi kenang-kenangan suatu hari nanti.

4. Batasi penggunaan televisi

Batasi penggunaan televisi pada anak dan anggota keluarga lainnya, dan buatlah rencana menonton televisi bersama anggota keluarga lainnya alih-alih hanya menonton sendiri. Kegiatan sederhana ini bisa jadi contoh kegiatan keluarga yang simpel namun baik untuk dilakukan. Kuncinya di sini adalah bagaimana mengontrol penggunaan televisi, alih-alih membuat keluarga dikontrol oleh televisi itu sendiri.

5. Masak bersama


Ketika memasak hidangan makan malam, atau sedang membuat kue di akhir pekan, libatkan anak-anak di rumah untuk membantu Anda. Memang sih akan membuat proses memasak jadi lebih lama, namun jika kita sebagai orangtua membiasakan anak-anak berkegiatan di dapur sejak anak-anak masih muda, itu akan lebih mudah bagi mereka di kemudian hari loh! Begitu banyak pilihan di luar sana untuk waktu keluarga. Buat sederhana. Itu tidak harus menjadi masalah besar! Pastikan Anda melakukannya! Kita akan menikmati hidup lebih baik jika kita menikmati hidup dengan orang yang kita cintai.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini