nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Resep Sup Krim Katuk & Scone Kentang, Menu Sarapan Sehat untuk Ibu Menyusui

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Selasa 15 Mei 2018 04:06 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 05 15 298 1898358 resep-sup-krim-katuk-scone-kentang-menu-sarapan-sehat-untuk-ibu-menyusui-JJP7RflvlO.jpg Sayur daun katuk (Foto: Google)

BERBEDA dengan orang biasa, ibu hamil diwajibkan untuk memerhatikan menu makanan yang ia konsumsi. Pasalnya, asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh mereka memiliki pengaruh yang sangat besar dalam menjaga kualitas ASI.

Menurut para ahli, ada sejumlah makanan yang sangat baik dikonsumsi oleh ibu menyusui. Salah satunya adalah sayur katuk. Kandungan galactogogue yang terdapat pada katuk dipercaya dapat meningkatkan produksi ASI.

Namun sayangnya, masih banyak yang tidak mengetahui cara tepat untuk mengolah sayuran tersebut. Tidak perlu khawatir, Okezone berhasil merangkum resep lengkap membuat sup krim katuk & scone kentang, menu makanan spesial untuk ibu menyusui.

Dikutip dari buku 1500 Resep Makanan Sehat Segala Usia, karya Hindah Muaris, Selasa (15/5/2018), berikut ulasan lengkapnya.

Sup Krim Katuk & Scone Kentang

Bahan

1 sdm mentega

1/2 bh bawang bombai, cincang halus

300 ml kaldu ayam

100 g labu kuning, kupas, iris dadu

300 g filet ikan kakap merah, iris dadu kecil

200 g katuk

5 sdm susu bubuk untuk ibu menyusui, larutkan dalam 400 ml air hangat

1 sdt merica hitam bubuk

1 sdt garam

2 sdt air jeruk lemon

1 sdt daun seledri cincang

Scone

250 g kentang, kukus, haluskan

50 g mentega

60 g tepung terigu

1/2 sdt garam halus

Cara membuat

1. Panaskan mentega hingga leleh. Tumis bawang bombai hingga layu. Masukkan ikan kakap, tumis hingga kaku. Tuang kaldu ayam, masukkan labu dan daun katuk. Masak hingga sayuran lunak. Angkat, dinginkan;

2. Masukkan ke dalam mangkuk blender. Proses hingga halus. Tuangkan ke dalam panci. Jerang di atas api kecil, bumbu. Sejenak sebelum diangkat tambahkan susu. Angkat. Perciki air jeruk lemon;

3. Scone: Campur kentang dengan sebagian mentega, tepung terigu dan garam. Aduk hingga rata. Gilas adonan hingga setebgal 1//2 cm, cetak bundar 6-8 cm. Tekan-tekan sedikit bagian pingginrnya hingga agak pipih. Goreng dengan sisa mentega hingga matang dan kering;

4. Sajikan sup krim katuk dengan scone kentan.

sayur katuk(Foto: Wordpress)

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini