nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kuliner Indonesia Bisa Dikenal karena Kekayaan Rempahnya

Utami Evi Riyani, Jurnalis · Selasa 15 Mei 2018 22:50 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 05 15 298 1898764 kuliner-indonesia-bisa-dikenal-karena-kekayaan-rempahnya-vl63fVlt6r.jpg Rempah-rempah Indonesia (Foto: Utami/Okezone)

INDONESIA memiliki beragam jenis kuliner yang berasal dari Aceh hingga Papua. Karena itu, kuliner Indonesia juga menggambarkan kebudayaan bangsa.

Menurut William Wongso yang telah dikenal dalam dunia kuliner Indonesia selama puluhan tahun, masakan Indonesia bukan hanya soal rasa, tetapi juga bisa dinikmati dari filosofi budaya di balik masakan itu sendiri.

Hal inilah yang menurutnya keliru dilakukan oleh orang-orang di Indonesia. Ketika negara-negara lain berjuang untuk mewariskan tradisi kulinernya ke anak-cucu, kita masih berkutat pada soal rasa makanan.

 (Baca Juga: Ada Trik Khusus saat Donald Trump Makan Burger, seperti Apa?)

(Foto: Ist.)

Melalui buku 'Cita Rasa Indonesia: Ekspresi Kuliner William Wongso', sahabat mendiang Bondan Winarno ini ingin masyarakat lebih peduli tentang cerita di balik sebuah masakan. Ia juga ingin menunjukkan bahwa dalam pembuatan berbagai masakan di Tanah Air, terdapat kekayaan rempah-rempah kuno di baliknya.

Pemilik bumbu masak Munik yang menggunakan 100% rempah-rempah asli Indonesia ini berharap para pencinta kuliner kini dapat mempopulerkan makanan Tanah Air dari sudut pandang yang lain.

"Saya berharap makanan tidak hanya bisa dinilai dari sekadar rasa, tetapi juga budaya. Kita tidak bisa memopulerkan makanan Indonesia hanya dengan resep. Karena itu kita harus mempopulerkan kuliner Indonesia dari sudut pandang budaya," ujar William Wongso baru-baru ini.

(Foto: Utami/Okezone)

  (Baca Juga: Makan Malam Makin Nikmat dengan Olahan Sapi Lezat nan Gurih)

Jika berbicara tentang makanan yang gemar dimasak oleh orang Indonesia, makanan dengan bumbu rendang, sayur asem, ayam goreng, nasi goreng, dan sop buntut adalah beberapa yang paling disukai. Namun dengan mengetahui sejarah di baliknya, masyarakat bisa membantu memperkenalkan kekayaan kuliner Nusantara ke dunia.

"Kami ingin lebih merepresentasikan kuliner Nusantara dalam bumbu masakan yang sudah kami produksi sejak lama," tutur Annisa Aulia selaku Marketing COmmunication Munik Seasonings.

Dengan mengetahui tradisi penggunaan rempah-rempah pada masakan Indonesia dan membudidayakannya, diharapkan dapat memperkenalkan kekayaan kuliner Nusantara ke dunia internasional. Karena itu, ia juga mengeluarkan 100 varian bumbu masakan khas Indonesia dan memasarkannya ke beberapa negara seperti Australia, Kanada, Hongkong, Inggris, Amerika Serikat, Singapura, Selandia Baru, dan Belanda.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini