nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tips Jalan-Jalan Tetap Aman di Tengah Teror Bom

Annisa Aprilia, Jurnalis · Selasa 15 Mei 2018 09:03 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 05 15 406 1898407 tips-jalan-jalan-tetap-aman-di-tengah-teror-bom-9g4lqwej5D.jpg Traveling (Local guides)

PERISTIWA meledaknya rangkaian bom di Surabaya membuat beberapa negara mengeluarkan saran perjalanan untuk warganya yang hendak berkunjung ke Indonesia. Warga asing dan warga lokal yang berasal dari luar Surabaya diminta untuk berhati-hati dan waspada terhadap aksi teror di Kota Pahlawan tersebut.

Bagi Anda yang memiliki kepentingan dan harus tetap mengunjungi Surabaya, namun masih dirundung kekhawatiran mendalam, berikut tips menyambangi kota atau lokasi setelah teror terjadi, dirangkum dari berbagai sumber, Selasa (15/5/2018).

 Baca juga: Berniat Jadi Pengiring Pengantin Profesional? Cek Gajinya di Sini

1. Tetap up to date

 Baca Koran (Shutterstock)

Tindakan yang jelas dan harus Anda lakukan ialah terus memperbarui informasi tentang kota atau daerah tujuan. Anda bisa mendapatkan informasi yang dibutuhkan lewat berita-berita dari portal pemberitaan online atau tayangan berita televisi, yang biasanya lebih cepat dibandingkan dengan media lainnya.


2. Mengetahui di mana bahaya bisa terjadi

 Baca juga: 5 Wanita Berotak Cemerlang, Para Pria Jangan Minder Ya!

Saat berada di kota atau daerah yang terjadi teror, Anda harus terus mencari tahu informasi lokasi-lokasi mana saja yang sekiranya jadi sasaran. Hal ini penting dilakukan agar perjalanan Anda di kota atau daerah tersebut tetap aman.


3. Menjauhkan diri dari lokasi yang biasanya jadi target teror

Selain selalu memperbarui informasi tentang kota atau daerah tersebut, mengetahui lokasi bahaya, Anda juga disarankan untuk menjauhkan diri dari lokasi yang biasanya jadi target teror. Di Surabaya sendiri bom telah meledak ditiga buah gereja, kantor polisi, dan rumah susun.


4. Pahami alasan di balik kekhawatiran

 Lokasi Penjagaan (ottersandsciencenews)

Sebagian besar orang khawatir atau takut tewas karena serangan teroris, karena caranya yang sangat mengerikan, namun tidak merasa lebih takut pada risiko yang membunuh lainnya seperti penyakit jantung. Hal tersebut artinya kita lebih takut pada bahaya yang disebabkan oleh manusia daripada pada penyebab alami kematian. Orang-orang lebih takut risiko kematian yang dipublikasikan dari televisi atau pada peristiwa spektakuler.

Baca juga: Gaya Berbusana Seksi Kendall Jenner di Cannes 2018 Bikin Mata Tak Berkedip!

5. Tetap tenang dan waspada

Oleh karena sudah menggenggam banyak informasi, selalu memperbaruinya, dan menghindari lokasi yang dianggap berbahaya, maka Anda perlu menenangkan diri, tidak panik, dan gegabah, namun tetap waspada. Jaga doa dalam setiap hembusan napas dan serahkan pada Tuhan apapun rencananya pada hidup Anda tentu jadi yang terbaik.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini