Image

Tak Hanya Indah, 5 Destinasi Wisata Ini Jadi Lokasi Pengamatan Hilal 2018

Annisa Aprilia, Jurnalis · Selasa 15 Mei 2018 17:45 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 05 15 406 1898629 tak-hanya-indah-5-destinasi-wisata-ini-jadi-lokasi-pengamatan-hilal-2018-Tzup9kEVfX.jpg (Foto: Devi Setya Lestari/Okezone)

HILAL menjadi pertanda bagi umat Muslim menentukan datangnya bulan suci Ramadan. Di Indonesia ada 95 tempat untuk mengamati hilal. Bahkan, banyak di antaranya yang merupakan destinasi wisata dengan keindahan menakjubkan.

Penasaran destinasi wisata mana saja di Indonesia yang keindahannya menghipnotis dan dijadikan lokasi pemantauan hilal? Berikut daftarnya yang berhasil dirangkum Okezone, Selasa (15/5/2018).

1. Pulau Karya, Kepulauan Seribu, Jakarta

Pulau Karya berada sekira dua jam perjalanan dengan menggunakan perahu nelayan dari pusat Jakarta. Pulau yang memiliki pemandangan laut sejauh mata memandang ini tidak hanya sekadar menjadi destinasi wisata saja, tetapi juga lokasi pengamatan hilal.

 

Jadi, wisatawan yang melancong Pulau Karya bisa mendapatkan dua pengalaman berbeda sekaligus, yaitu pengalaman liburan di pulau dan religi.

Baca juga: Bertahun-tahun Belajar Agama, Kiper Timnas Swedia Akhirnya Masuk Islam

2. Pantai Penagan, Kabupaten Bangka, Bangka Belitung

Pemandangan berlatar belakang pantai masih bisa Anda temukan saat mengamati hilal di Pantai Penagan. Pantai yang berada di Kabupaten Bangka, Provinsi Bangka Belitung ini kerap dijadikan lokasi pemantauan hilal oleh Kementerian Agama dan instansi lainnya.

 

Pantai Penagan dinilai cocok karena tinggi dan menghadap ke barat.

Baca juga: Jelang Ramadan, Ketahui 5 Kesalahan yang Sering Terjadi dalam Salat

3. Pantai Pacur, Jawa Timur

Pantai Pacur yang masih termasuk dalam kawasan Taman Nasional Las Purwo ini pun jadi salah satu lokasi pemantauan hilal di Provinsi Jawa Timur. Wisatawan yang datang berkunjung dan memiliki teropong sendiri bisa menikmati keindahan Pantai Pacur sekaligus ikut serta memantau hilal.

Fasilitas yang lengkap di Pantai Pacur, seperti musala, kamar mandi, dan kantin tentu akan membantu wisatawan yang datang melancong.

4. Masjid Agung Jawa Tengah

Hampir umat Muslim yang sempat melemparkan pandangan matanya ke Masjid Agung Jawa Tengah jatuh cinta dan ingin datang kembali. Sebab, Masjid Agung Jawa Tengah memiliki eksterior dan pemandangan senja yang memukau.

Keistimewaan lainnya, ternyata Masjid Agung Jawa Tengah juga dijadikan lokasi pemantauan hilal pada Ramadan 1439H.

5. Pantai Lampu Satu Merauke, Papua

Mengunjungi Pantai Lampu Satu lebih tepat saat menjelang sore, karena suasana pantai akan lebih teduh, angin berhembus lembut, dan matahari terbenam jadi satu hal yang paling dinantikan para pengunjung.

Selain itu, Pantai Lampu Satu juga jadi lokasi pemantauan hilal yang indah pemandangannya.

1 / 5

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini