Sering Mencabut Kulit Bibir yang Pecah-Pecah, Ini Akibatnya!

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Selasa 15 Mei 2018 12:32 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 05 15 481 1898461 sering-mencabut-kulit-bibir-yang-pecah-pecah-ini-akibatnya-HzYU3QL7YE.jpg Ilustrasi bibir kering (Foto: Shutterstock)

SERINGKALI masyarakat mengabaikan tentang kesehatan bibir mereka. Memang hal tersebut telihat sepele, namun jika tidak ditangani dengan benar, maka hal tersebut bisa menjadi masalah besar bagi Anda.

Kurangnya asupan sayur dan buah-buahan menjadi salah satu penyebab utama bibir pecah-pecah. Hal itu terjadi karena tubuh kurang menerima asupan vitamin C.

Jika telah mengalami bibir pecah-pecah, biasanya Anda menjadi risih dan mencabuti atau menarik kulit bibir yang terkelupas. Sebagian lainnya (wanita) mungkin akan menggunakan lipstik untuk menyamarkan bibir pecahnya.

Namun, mulai saat ini Anda harus waspada dengan bahaya yang ditimbulkan jika melakukan kebiasaan tersebut. Salah-salah bukannya kesembuhan yang Anda terima, melainkan penyakit yang kian memburuk.

(Baca Juga: Waspada, Ada Deodoran Semprot yang Mengandung Zat Mematikan)

Pada umumnya jika kulit bibir Anda terkelupas, Anda akan merasa risih dan ingin mencabutnya dengan tangan. Hal ini sebenarnya bisa menyebabkan infeksi, apalagi Anda tidak memperhatikan kondisi kebersihan tangan.

Bibir akan mengalami infeksi dan berubah menjadi kemerahan. Dalam kondisi yang lebih parah, bibir Anda bahkan bisa mengeluarkan nanah.

Dalam beberapa kondisi, menarik kulit bibir akan menyebabkan luka berdarah. Luka tersebut bisa menyebabkan koreng pada bibir Anda. Koreng tersebut justru akan membuat Anda terlihat kurang pede. So, mulai sekarang hindari kebiasaan menarik kulit bibir.

(Baca Juga: Gogon Meninggal Dunia Karena Penyakit Jantung, Kenali 10 Faktor Risikonya)

Di satu sisi ada kaum hawa biasanya menutupi bibir pecah-pecah atau kering dengan menggunakan lipstik yang cukup tebal. Anda juga wajib meninggalkan kebiasaan ini.

Penggunaan lipstik akan menutup pori-pori kulit bibir Anda yang akan memperlambat proses penyembuhan. Selain itu lipstik juga memiliki kandungan berbahaya seperti timbal, minyak dan bahan kimia lain. Jika ada luka pada bibir Anda, zat-zat yang terkandung dalam lisptik akan menyebabkan peradangan.

(tam)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini