nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Selain Bugar, Rutin Angkat Beban Kurangi Gejala Depresi

Annisa Aprilia, Jurnalis · Selasa 15 Mei 2018 19:45 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 05 15 481 1898690 selain-bugar-rutin-angkat-beban-kurangi-gejala-depresi-fXrlfurFJG.jpg Ilustrasi (Foto: Businessinsider)

SEBUAH penelitian baru mengungkap dengan mengangkat beban dapat membantu Anda sembuh dari depresi. Melansir dari laman Daily Mail, Selasa (15/5/2018), ada lebih dari 16 juta orang dewasa di Amerika berjuang dari depresi dan banyak dari mereka mengalami kesulitan diterapi dan sulit menemukan obat yang manjur.

Studi ini dilakukan oleh para peneliti di University of Limerick di Irlandia, menemukan melakukan olahraga angkat beban secara signifikan mampu mengurangi gejala depresi pada hampir 2.000 orang yang mereka teliti. Depresi bisa menyerang siapa saja, kapan saja, dan tidak membedakan antara mereka yang mampu membayar perawatan kesehatan mental atau mereka yang tidak bisa membayarnya.

Kebanyakan terapis mengenakan biaya antara $ 75 dan $ 100 per jam sesi, yang setara dengan Rp1 juta dan Rp1,4 juta dan resep bulanan rata-rata untuk antidepresan dapat membuat Anda kembali antara $ 40 dan $ 75, yang setara Rp 500ribu hingga Rp1juta dengan asuransi. Bahkan jika mereka mampu membeli antidepresan, lebih dari 60 persen pasien akhirnya mengonsumsi obat selama dua tahun atau lebih.

Salah satu depresi yang resistan terhadap pengobatan adalah penyebab kecacatan nomor satu di Amerika Serikat dan penelitian telah menunjukkan bahwa sebagian besar penderita depresi juga menderita setidaknya satu penyakit fisik atau mental lainnya. Masalah semakin memburuk ketika tingkat depresi naik selama beberapa tahun terakhir.

Rutin

Baca juga: 5 Perempuan yang Miliki Otak Encer Sukses Mengguncang Dunia

Hasil studi baru menunjukkan lini pengobatan lain yang mungkin bekerja sama baiknya dengan obat adalah olahraga angkat berat. Pada penelitian sebelumnya banyak yang menghubungkan latihan angkat beban rutin bisa meredakan gejala depresi. Sebagian besar penelitian itu, berhubungan dengan latihan aerobik, seperti joging, atau, seperti yang dikemukakan oleh tokoh Reese Witherspoon, Elle Woods di Legally Blonde, "Olahraga memberi Anda endorfin, yang membuat Anda bahagia."

Lebih penting lagi, menambahkan olahraga angkat beban teratur ke kehidupan Anda dapat membantu otak membuat koneksi baru. Latihan angkat beban bisa meningkatkan produksi protein yang membantu merasa lebih baik.

Olahraga di Gym

Baca juga: Bertahun-tahun Belajar Agama, Kiper Timnas Swedia Akhirnya Masuk Islam

Berolahraga juga meningkatkan kesehatan kita, menstimulasi aliran darah yang lebih baik, dan membantu kita untuk tidur lebih baik. Studi baru memverifikasi, latihan angkat beban seperti halnya latihan aerobik sama baiknya dengan antidepresan.

American College of Sports Medicine merekomendasikan orang yang sehat melakukan pelatihan ketahanan tubuh setidaknya dua kali seminggu.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini