nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

4 Alasan Air Tebu Minuman Terbaik untuk Turunkan Berat Badan

Lidya Julita Sembiring, Jurnalis · Rabu 16 Mei 2018 06:03 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 05 15 481 1898731 4-alasan-air-tebu-minuman-terbaik-untuk-turunkan-berat-badan-xAdpXwLR68.jpg Air tebu (Foto: Ndtv)

MEMILIKI badan ideal adalah impian setiap orang terutama wanita yang ingin mendapatkan tubuh ramping untuk menunjang penampilannya. Banyak cara yang dilakukan, mulai dari diet hingga olahraga yang ketat.

Tapi, itu akan bermanfaat jika dilakukan setiap hari dengan teratur yang sering gagal dilakukan. Namun jangan khawatir, karena ada minuman lain yang sangat alami yang bisa membantu menurunkan berat badan Anda. Minuman tersebut adalah air tebu yang bisa dengan mudah Anda dapatkan.

Ketika kita berbicara tentang jus tebu, fokusnya tentu saja gula. Sejak datangnya tantangan tanpa gula dan rencana diet, jus tebu sempat dipertanyakan oleh berbagai ahli. Namun, ahli gizi selebriti asal India seperti Rujuta Diwekar menganjurkan jus tebu untuk menurunkan berat badan dan juga karena mengandung banyak manfaat kesehatan.

 (Baca Juga: Selain Bugar, Rutin Angkat Beban Kurangi Gejala Depresi)

Jus tebu mengandung 111 kalori per gelas (250-300 mL), yang meliputi karbohidrat sehat (27 gram), protein (0,27 gram), dan kalsium, magnesium dan kalium dalam jumlah kecil namun signifikan. Jus tebu harus dikonsumsi saat masih segar.

Jika Anda benar-benar ingin menambah citarasanya maka Anda bisa menambahkan, perasan lemon dan sedikit garam karena tidak akan membahayakan. Adapun waktu terbaik untuk mengonsumsi jus tebu adalah tepat setelah berolahraga atau jika Anda terlalu lama berada di luar ruangan yang panas. Ini karena jus tebu akan membantu mengembalikan garam tubuh yang hilang. Satu gelas jus tebu setiap hari sudah cukup.

Jika berbicara untuk penurunan berat badan, tebu tidak berbahaya meskipun faktanya bahan utamanya adalah gula. Setiap hari, tubuh membutuhkan sejumlah minimum gula untuk membantu menjaga kadar glukosa. Tapi gula tersebut harus sehat dan tidak diproses dengan alat seperti yang tersedia di pasar. Oleh karena itu, jus tebu adalah pilihan yang baik untuk menyelesaikan kebutuhan gula harian Anda dan tidak mengandung kalori kosong.

Dilansir dari Times Of India, Rabu (16/5/2018), ada empat alasan mengapa jus tebu adalah minuman terbaik untuk menurunkan berat badan terutama selama musim panas ini.

  (Baca Juga: Selain Menyehatkan Pencernaan, Ini Manfaat Konsumsi Yoghurt Sebelum Makan)

Kaya serat

Serat makanan sangat penting untuk setiap rencana penurunan berat badan. Jika Anda sedang diet dan tidak mengonsumsi cukup serat dalam bentuk buah dan sayuran, kemungkinan sembelit berlipat ganda. Jus tebu mengandung jumlah serat yang baik yang membantu menghilangkan masalah ini.

Meningkatkan metabolisme

Ilmu tentang metabolisme itu sederhana. Semakin tinggi tingkat energinya, semakin banyak pengeluaran kalori. Berat badan adalah permainan kalori masuk dan kalori keluar. Tebu membantu meningkatkan metabolisme, meningkatkan tingkat aktivitas Anda dan karenanya mempercepat penurunan berat badan.

 

Baik untuk sistem pencernaan

Pembentukan massal dan ekskresi sangat diperlukan untuk tubuh yang sehat. Karena kadar serat yang kaya, jus tebu juga memungkinkan pencernaan yang baik.

Tanpa lemak

Jus tebu mungkin memiliki kadar gula yang tinggi, tetapi nol jumlah lemak. Bebeda dengan jus olahan di pasar yang terdiri dari nol kalori tapi banyak lemak tidak sehat yang dapat menyebabkan peningkatan lemak visceral (lemak di sekitar organ). Jika lemak di sekitar organ tinggi, kemungkinan penurunan berat badan permanen lebih sedikit. Oleh karena itu, segelas jus tebu sekali sehari diperlukan untuk menurunkan berat badan dan tidak berbahaya bagi tubuh.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini