Image

Bibir dan Kulit Kering saat Puasa? Ini Tips untuk Mengatasinya

Pradita Ananda, Jurnalis · Rabu 16 Mei 2018 15:42 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 05 16 194 1898932 bibir-dan-kulit-kering-saat-puasa-ini-tips-untuk-mengatasinya-xSlfIOAYhd.jpg Ilustrasi bibir kering (Foto: Stylecraze)

KAMIS 17 Mei 2018 telah ditetapkan Pemerintah Indonesia sebagai 1 Ramadan, yang mana artinya mulai besok semua umat Muslim di Indonesia akan mulai melakukan ibadah puasa Ramadan.

Selain menahan godaan dari makanan dan minuman serta hal-hal yang dilarang, salah satu hal yang juga jadi tantangan dalam berpuasa adalah adanya perubahan di tubuh, salah satunya kondisi kulit. Wajar saja, mengingat adanya perubahan pola ritme hidup. Dari yang rutin makan dan minum, lalu tiba-tiba seharian menjadi tidak makan dan minum sekali, yang mana artinya tidak ada asupan sama sekali ke dalam tubuh selain di waktu santap sahur.

Tidak jarang, banyak orang yang mengalami kondisi kulit dan bibir kering saat berpuasa. Tapi jangan khawatir dulu, karena kondisi bibir dan kulit kering selama berpuasa ini bisa kok diatasi dengan sederet cara sederhana.

(Baca Juga: Solusi Asuh Anak untuk Single Parent, Kuncinya Waktu)

Pertama misalnya untuk bibir kering, selalu minum cukup air saat sahur. Dengan meminum air cukup saat sahur bisa mencegah dehidrasi seharian selama puasa. Tidak hanya untuk membuat bibir tetap lembap namun juga kulit. Hindari mengkonsumsi minuman yang mengandung kafein dan minuman soda, sebab kedua jenis minuman ini dapat membuat kulit menjadi lebih dehidrasi.

Selanjutnya, karena tidak bisa minum air seharian maka biasakan sebelum keluar rumah memulai aktivitas hari itu selalu pulaskan lip balm atau pelembap bibir yang mengandung vitamin E, minyak jojoba serta SPF, di mana SPF ini dapat mengurangi terjadinya bibir kering. Lalu jangan lupa pulaskan kembali (retouch) di tengah-tengah Anda berkegiatan, apalagi di saat bibir mulai terasa kering. Selain lip balm, bisa juga dengan mengoles madu sebelum tidur, dan hapus lagi ketika waktu sahur telah selesai.

Cara lainnya agar bibir tidak kering walau berpuasa seharian ialah dengan membiasakan diri untuk mengoleskan baby oil di bibir setiap sebelum tidur. Menjelang tidur, oleskan sedikit saja secara merata baby oil di bibir, cara ini bertujuan untuk memberi kelembapan pada bibir, ketika kita sedang tidur. Lakukan hal ini secara rutin setiap hari. Sehingga, bibir tetap terlihat indah meski berpuasa.

Terakhir, bisa dengan melakukan scrub bibir memakai bahan alami. Tenang, scrub bibir ini bisa kok dilakukan di sela-sela kegiatan. Sebab hanya dengan menggunakan campuran petroleum jelly, dan gula pasir yang digosokkan ke bibir. Lalu gosok dengan lembut menggunakan air hangat, cara sederhana ini bisa untuk menghilangkan seluruh kulit kering yang ada di bibir.

Kemudian bagaimana untuk kulit bagian lainnya? Well, dikatakan memang saat puasa itu ada pergeseran di pola makan dan minum, yang mana hal ini menjadikan cairan tubuh jadi berkurang. Maka dari itu meng-cover dengan sahur dan berbuka dengan memenuhi konsumsi air mineral selama satu hari. Selain mengonsumsi air yang cukup, konsumsi makanan yang sehat dan bergizi juga diperlukan. Pastikan untuk selalu mengonsumsi makanan yang bergizi saat sahur dan berbuka puasa. Disebutkan lebih lanjut, hindari merebus atau mengukus sayuran terlalu lama karena malah bisa mengurangi kandungan kadar air di dalamnya.

Cara dari dalam sudah dilakukan, maka lengkapi dengan melakukan perawatan kulit dari luar untuk mengatasi masalah kulit kering saat puasa ini. Caranya dengan pemakaian pelembap dan krim wajah. Pastikan Anda tidak pernah melewatkan pemakaian pelembap dan krim wajah, oleskan pelembap non-berminyak dengan kandungan yang ringan seusai mandi dan sebelum menerapkan sunscreen dan tetap gunakan pelembap di malam hari.

 (Baca Juga:Berdamai dengan Masa Lalu, 3 Mantan Suami-Istri Ini Kompak Hadiri Wisuda Sekolah Anaknya)

Terakhir, untuk mengatasi kulit kering saat puasa bisa dengan rutin melakukan eksfoliasi. Mengapa? Karena eksfoliasi secara rutin dapat membantu menghilangkan sel-sel kulit mati dan membuat kulit tampak lebih lembut.

Tidak perlu yang rumit, lakukan saja eksfoliasi sederhana di rumah dengan bahan-bahan rumahan misalnya oatmeal, madu, lemon, yogurt, hinggan mentimun. Lakukan dengan intensitas tiga kali dalam satu pekan untuk menghilangkan sel-sel kulit mati dan meningkatkan sirkulasi darah. Demikian dihimpun Okezone, Rabu (16/5/2018) dari berbagai sumber.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini