nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Lindungi Kulit dari Sengatan Sinar Matahari dengan Cara Ini

Lidya Julita Sembiring, Jurnalis · Rabu 16 Mei 2018 16:15 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 05 16 194 1898942 lindungi-kulit-dari-sengatan-sinar-matahari-dengan-cara-ini-ji4TJLU7IS.jpg Suncreen (Foto: Healthambition)

MUSIM panas telah tiba menghampiri Anda bersamaan dengan paparan sinar matahari yang semakin menyengat. Untuk itu, maka Anda perlu perawatan untuk tetap bisa melindungi kulit Anda dari panasnya sengatan sinar matahari yang bisa membuat kulit kusam dan kehilangan cahayanya.

Dilansir dari Times Of India, berikut beberapa tips yang dapat Anda lakukan di musim panas untuk melindungi diri dari sengatan matahari. Di antaranya adalah, coba untuk tidak diluar ruangan atau berada dibawah paparan sinar matahari dari pukul 10 pagi hingga 6 sore. Karena, matahari paling kuat selama jam tersebut sehingga jika memungkinkan, cobalah untuk menghindari kegiatan apa pun selama jam-jam ini.

Tetapi, jika ada hal penting yang mengharuskan Anda untuk berada di bawah paparan sinar matahari maka sebaiknya cobalah dan tetap di tempat teduh sebanyak mungkin. Jika tidak bisa, maka Anda tidak boleh melupakan hal-hal ini.

 (Baca Juga:Berdamai dengan Masa Lalu, 3 Mantan Suami-Istri Ini Kompak Hadiri Wisuda Sekolah Anaknya)

Selalu gunakan tabir surya: Jangan melangkah di bawah sinar matahari tanpa mengaplikasikan tabir surya. Oleskan tabir surya setidaknya 15 menit sebelum keluar dan coba dan oleskan kembali setiap dua hingga tiga jam. Dianjurkan untuk menggunakan tabir surya dengan kandungan perlindungan matahari (SPF) dari 15 ke atas.

Jangan cuek saat cuaca mendung: Hari yang mendung dapat memberikan rasa aman yang salah, karena sayangnya sinar matahari dapat menembus awan dan dapat membuat Anda terbakar sinar matahari. Bahkan ketika cuaca mendung, ingatlah untuk terus mengaplikasikan tabir surya.

 

Jangan mengabaikan bibir, telinga, kulit kepala dan kaki: Bibir, telinga, kaki, kulit kepala adalah bagian umum yang biasanya kita lupa untuk kita lindungi. Untuk bibir Anda bisa menggunakan lip balm yang saat ini sudah banyak beredar dengan SPF. Untuk kaki Anda, gunakan sepatu atau kaus kaki tertutup untuk menutupnya, sementara kepala dan telinga Anda dapat ditutupi dengan syal. Jangan lupa untuk mengoleskan tabir surya di kaki dan telinga Anda juga.

Jangan lupa tabir surya saat pergi ke pantai: Pakailah sunblock terutama di daerah pantai atau saat Anda berada di dalam air, karena tubuh cenderung merasa lebih terbakar dalam panas terik ketika Anda berada di dalam air

Perawatan setelah terkena Matahari: Selalu pastikan untuk mempertahankan kembapan kulit secara rutin setelah terkena sinar matahari dengan mengoleskan lotion pendingin atau minyak kelapa di area yang terbakar matahari untuk menghindari kulit terbakar dan menenangkan kulit yang terkena.

Selain itu, Anda juga bisa mengoleskan gel lidah buaya pada area yang terbakar matahari, karena juga membantu menenangkan kulit terbakar, menghilangkan kulit cokelat dan membantu mengurangi stretch mark.

 (Baca Juga: Solusi Asuh Anak untuk Single Parent, Kuncinya Waktu)

Konsumsi makanan kaya vitamin: Mengkonsumsi makanan kaya vitamin D seperti minyak ikan cod yang difermentasi membantu melengkapi keseimbangan vitamin D dalam tubuh Anda dan membangun sistem kekebalan imun yang lebih kuat terhadap luka bakar akibat sinar matahari.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini