nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Inspirasi Padu-padan Lebaran Tahun Ini, dari Vidi Aldiano hingga BCL

Pradita Ananda, Jurnalis · Kamis 17 Mei 2018 04:08 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 05 16 194 1899152 inspirasi-padu-padan-lebaran-tahun-ini-dari-vidi-aldiano-hingga-bcl-bZgNiqIq2v.jpg Keluarga Bunga Citra Lestari saat momen Lebaran (Foto: Instagram)

TIDAK dipungkiri, menyiapkan busana sebagai salah satu cara merayakan Hari Raya Idul Fitri jadi kebiasaan atau tradisi banyak orang untuk ber-Lebaran.

Soal baju Lebaran ini, walau tidak semua keluarga adalah tipe yang sangat menyiapkan, namun tidak sedikit pula keluarga yang memang hobi untuk mengenakan busana seragam saat hari Lebaran, di mana biasanya dikenakan di hari pertama untuk Salat Ied, open house di rumah ataupun saat bertamu ke rumah sanak keluarga.

Menyiapkan busana seragam keluarga ini, sejatinya adalah hal yang cukup riskan. Mengingat yang dipersiapkan adalah busana orang tua dan juga busana untuk anak-anak. Dalam mempersiapkan busana seragam Lebaran nanti, sebaiknya pahami dulu seperti apa hal-hal yang bisa dan yang sebaiknya dihindari saat memadu-padankan busana Lebaran untuk diri sendiri dan keluarga nanti.

 (Baca Juga:4 Ramuan Alami yang Bisa Bikin Alis Tebal dan Rapi)

Diungkapkan oleh salah satu desainer kenamaan Tanah Air, Barli Asmara, pertama ialah soal panjang busana. Biasanya pakaian untuk Lebaran dibuat dengan potongan panjang menjuntai sehingga memberi kesan efek flowly, namun ingat, sebaiknya busana baik untuk diri sendiri dan juga baju anak dipilih jangan yang terlalu panjang karena bisa membuat diri sendiri jadi repot saat beraktivitas atau bersantap di hari Lebaran.

Kemudian yang kedua ialah soal detail, walau ini merupakan momen Hari Raya namun sebaiknya tetap jaga diri untuk tidak berpenampilan ekstra heboh. Hindari busana yang memiliki detail berlebihan, contohnya motif yang terlalu ramai, penuh aplikasi payet, atau aplikasi Swarovski. Busana berkonsep simpel, santun, dan bersahaja lah yang sebaiknya dipilih baik untuk baju orang dewasa ataupun baju anak-anak.

 (Baca Juga:Lebaran Harusnya Jadi Momen Mempromosikan Batik Lokal)

Padu-padan busana tidak hanya soal memasangkan atasan dan bawahan serta aksesori yang cocok, tapi juga mementingkan soal material bahan kain. Ingat, walaupun belum berhijab selalu kenakan pakaian sopan yang dibuat bukan dengan material kain transparan menerawang atau bermodel ketat menonjolkan siluet tubuh. Selain itu, hindari bahan kain yang tebal dan panas, sebab biasanya saat Lebaran kita dan anak-anak akan banyak bergerak maka dari itu pakaian dengan bahan kain yang tebal dan panas tidak semestinya dikenakan.

Nah, untuk inspirasi padu-padan busana Lebaran seragam keluarga nanti, berikut tampilan keluarga sederet artis yang mungkin bisa dijadikan panduan.

1. Ayu Dewi


Siapa bilang material bahan kain tradisional Indonesia hanya bisa dipakai untuk seragam kondangan saja? Wastra tradisional Indonesia juga bisa dipilih untuk jadi bahan kain busana seragam keluarga saat Lebaran. Contohnya seperti yang diterapkan Ayu Dewi, di mana ia menggunakan kain tenun corak big stripes, untuk dirinya ia menyulap kain tenun tersebut menjadi dress kaftan modern yang longgar dan nyaman.

Lalu untuk pihak laki-laki yakni ayah dan suaminya, akses tenun diaplikasikan di bagian tengah kemeja model klasik berlengan panjang warna biru indigo. Sementara untuk sang anak Ayu membuatkan putrinya dress modern yang modelnya serupa dengan dirinya namun dibuat lebih simpel dan berlengan pendek agar tidak membuat sang anak repot.

2. Vidi Aldiano


Lain lagi dengan keluarga dari solois pria terkenal, Vidi Aldiano. Tak tanggung-tanggung, untuk seragam keluarganya, Vidi yang kala itu menuturkan pada Okezone bahwa dirinya yang biasanya bertanggung jawab memikirkan konsep busana seragam Lebaran keluarganya ini, langsung memadukan dua kain tradisional Indonesia sekaligus yakni batik dan tenun.

Didominasi oleh laki-laki, Vidi menyulap padanan kain batik dan tenun tersebut jadi busana model kemeja koko untuk sang ayah dan kedua adik laki-lakinya yang dipadukan dengan celana khaki panjang warna biru gelap dan sandal Birkinstock yang simpel dan trendi, dan sepatu pantofel cokelat. Sedangkan ibunda Vidi terlihat cantik dan santun dalam balutan dress gamis berpotongan A dipadukan dengan jilbab model segi empat sederhana.

3. Bunga Citra Lestari

Nah, gaya baju seragam yang ditampilkan oleh penyanyi dan aktris cantik Bunga Citra Lestari (BCL) ini bisa dibilang sedikit berbeda. Pasalnya jika kebanyakan pihak wanita di sebuah keluarga itu mengenakan dress kaftan, kaftan, ataupun abaya, tidak dengan Bunga. Ia memilih untuk mengenakan kebaya kurung panjang dipadukan dengan rok span berpotongan lurus. Sedangkan pihak laki-laki yakni suami dan anaknya, Ashraf dan Noah Sinclair hadir dalam balutan setelan baju koko-celana panjang dan diberi tambahan sarung di bagian tengahnya.

Lalu ada orangtua BCL yang tampil sederhana dan santun, di mana sang ayah memakai potongan busana kemeja lengan pendek kerah koko-celana panjang hitam kompak dengan anak laki-lakinya. Lalu sang ibu dalam balutan dress kaftan lengan pendek beraksen lace di sekitar bagian kerah dan lengan. Seragam keluarga BCL ini hadir dalam konsep warna pastel polos, yaitu tone pink salem hingga pink pucat. Manis dan jauh dari kata norak bukan?

1 / 3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini