Solusi Asuh Anak untuk Single Parent, Kuncinya Waktu

Lidya Julita Sembiring, Jurnalis · Rabu 16 Mei 2018 10:31 WIB
https: img.okezone.com content 2018 05 16 196 1898862 solusi-asuh-anak-untuk-single-parent-kuncinya-waktu-ksimMwG3af.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

MENJADI orang tua adalah anugerah terindah yang dimiliki oleh semua pasangan suami istri di dunia ini. Apalagi banyak yang mendapatkan anak dengan cara yang tidak mudah atau setelah lama membangun rumah tangga.

Bahkan, banyak pasutri yang telah menikah selama bertahun-tahun tapi belum memiliki buah hati. Untuk itu, saat memiliki seorang anak, akan sangat dijaga dengan baik dan orang tua akan berusaha semampunya untuk memberikan yang terbaik bagi anak, mulai dari memberikan kehidupan yang layak hingga sekolah yang baik.

 Baca juga: Bercerai, 4 Pasangan Selebritis Ini Balikan dan Makin Mesra

Tapi, bagaimana jika saat mempunyai anak, Anda justru kehilangan pasangan baik karena meninggal dunia atau karena berpisah. Maka Anda akan terpaksa mengurus anak sendirian dan susah payah bekerja sendirian.

 Parenting

Lalu bagaimanakah cara yang tepat bagi orang tua tunggal (single parent) untuk mengasuh anak?

Psikolog Keluarga Anna Surti Ariani atau yang akrab dipanggil Nina ini mengatakan ada banyak cara yang bisa dilakukan oleh orang tua tunggal baik Ayah atau Ibu untuk merawat anaknya. Mulai dari menyempatkan waktu saat sibuk hingga berkata jujur kepada anak dengan perasaan atau kesibukannya, dan jangan malah marah-marah kepada anak.

 Baca juga: Tega Banget! 3 Pendaki Perempuan Ini Hipotermia karena Ditinggal Temannya demi Sampai Puncak

“Di antara kesibukan kerja, jadwalkan waktu-waktu menyenangkan bersama anak. Jika sedang lelah, jangan marah-marah kepada anak. Boleh kok menjauh dulu dari anak untuk menenangkan diri, baru setelahnya menghadapi anak kembali,” kata Nina kepada Okezone.

Nina juga menegaskan, jika berpisah dengan pasangan karena bercerai maka jangan pernah menceritakan kejelekan pasangan kepada anak. Apalagi itu Anda lakukan saat Anda mempunya pasangan baru dan justru membuat anak mendekat dengan pasangan baru Anda. Sebaiknya jangan lakukan itu.

“Jangan pernah menjelek-jelekkan pasangan, karena dia adalah orang tua anak juga. Sadari bahwa single parent tidak mungkin menggantikan orang tua satunya. Bagi anak, selalu ada tempat untuk kedua orangtua di hatinya,” jelasnya.

Menurutnya, jika sebagai orang tua tunggal, Anda mempunyai kesibukan maka Anda sebaiknya meminta bantuan untuk merawat anak Anda. Jika mempunyai uang Anda bisa menyewa jasa Baby Sitter dan jika ingin berhemat Anda bisa meminta bantuan orang tua Anda (nenek dan kakek anak).

Baca juga:Berdamai dengan Masa Lalu, 3 Mantan Suami-Istri Ini Kompak Hadiri Wisuda Sekolah Anaknya

 Parenting

Untuk bisa menceritakan semua masalah yang Anda hadapi, Anda juga perlu seorang sahabat yang bisa mengerti dan pendengar setia Anda. Maka jagalah persahabatan Anda dengan baik. Dan yang paling penting, meski orang tua tunggal yang sibuk, Anda jangan lupa menyediakan waktu untuk memanjakan diri sendiri dengan perawatan yang menenangkan pikiran.

“Miliki teman dan sahabat sehingga mendapatkan dukungan emosional saat mengalami berbagai kesulitan sebagai ortu tunggal. Sesekali lakukan ‘me time’<’ kata dia.

“Anda juga bisa cari komunitas sesama single parent dan jujurlah kepada anak bahwa Anda mengalami kesulitan, namun sampaikan dalam bahasa yang sederhana. Jangan terlalu mengeluh, namun sampaikan juga hal-hal apa yang sudah atau akan dilakukan untuk memperbaiki ini,” tuka Nina.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini