nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Unik, Restoran Ini Larang Pengunjung Bawa Anak-Anak yang Berisik dan Suka Menangis

Pradita Ananda, Jurnalis · Rabu 16 Mei 2018 17:01 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 05 16 298 1898977 unik-restoran-ini-larang-pengunjung-bawa-anak-anak-yang-berisik-dan-suka-menangis-p6JYT2x3Ep.jpg (Foto: Old Fisherman's Grotto)

SETIAP pemilik usaha memiliki sederet peraturan alias kebijakan tersendiri dalam menjalankan usaha bisnisnya.

Inilah yang dilakukan oleh pemilik restoran Old Fisherman’s Grotto di Monterey, California, Chris Shake. Restoran yang digawangi oleh Chris ini diketahui sudah beroperasi sejak 1950, namun baru-baru ini menjadi perhatian publik karena adanya penerapan suatu peraturan. Peraturan apakah yang dimaksud?

Sebagaimana disitat Foxnews, Rabu (16/5/2018) Chris menerapkan peraturan di mana pengunjung anak-anak yang menangis atau berisik tidak diizinkan untuk bersantap di dalam restoran. Peraturan itu disebutkan lebih lanjut karena restoran milik Chris ini sejak beroperasi resmi pada 1950 silam sudah terkenal sebagai restoran dengan suasana bersantap yang sunyi dan tenang, maka dari itu ia sebagai pemiliknya ingin memastikan bahwa konsep fine quiet dining tersebut tetap terjaga.

No strollers, no high chairs, no booster chairs. Children crying or making loud noises are a distraction to other diners, and as such are not allowed in the dining room,” bunyi pengumuman yang ditempel di bagian luar depan restoran.

 

Menariknya, sebetulnya pengumuman peraturan itu sudah tertempel kurang lebih selama satu tahun. Akan tetapi baru menarik perhatian belum lama ini karena tersiar di media sosial.

Menyikapi peraturan restoran yang melarang adanya pengunjung anak-anak yang menangis atau membuat kegaduhan ini, sebagian orang memberikan komentar bernada keberatan atas kebijakan tersebut.

“Aku tidak pernah melihat hal ini sebelumnya. Aku membatalkan pemesanan tempat di restoran ini setelah melihat gambar tersebut di Yelp,” tulis Angela Espinoza di grup Facebook untuk kelompok ibu-ibu di Bay Area, seperti dilaporkan Fox 11.

Sementara itu, di situs Yelp sendiri kebijakan restoran Old Fisherman’s Grotto ini mendatangkan berbagai respon. Ada sebagian orang yang mengkritik atas dikeluarkannya peraturan ini karena dianggap sebagai tindakan diskriminasi, namun ada sebagian juga yang memuji pihak restoran karena sikap teguh mempertahankan suatu peraturan.

 

"Pengumuman tanda dilarangnya anak-anak bersantap di sini adalah alasan utama mengapa restoran ini tidak mendapatkan bintang. Aku tidak peduli jika pemiliknya melakukan kegiatan amal dan berkontribusi kepada lingkungan. Orang-orang tampaknya berpikir bahwa amal memberi mereka alasan untuk melakukan apa pun yang mereka inginkan, bermuka dua karena diskriminatif sementara berpura-pura Anda benar-benar menjadi fondasi di masyarakat. Seandainya saya menyadari tanda ini sebelumnya, saya tidak akan pernah menghabiskan uang di sini,” tulis salah satu pengguna Yelp.

"Tidak ada kereta bayi, tidak ada booster, tidak ada kursi tinggi. Inilah yang membuat saya masuk ke restoran ini! Hanya pikiran bahwa saya akan dapat memiliki makanan yang damai tanpa anak-anak berteriak, kadang-kadang memang diperlukan. Dalam semua keseriusan, orang-orang tidak perlu merasa terluka karena peraturan ini, di dalam sana ada anak-anak di dalam restoran ketika kita makan di restoran ini,” ungkap pengguna Yelp lainnya.

Baca juga: Agar Puasa Tidak Cepat Lapar, Makanan Ini Bisa Anda Sajikan saat Sahur

Lebih lanjut Chris menjelaskan kepada Fox 11, bahwasanya peraturan ini harus dipahami bukanlah sebagai peraturan untuk menunjukkan sikap anti terhadap anak-anak dan bahkan peraturan ini sejatinya menolong bisnisnya berjalan. Chris juga menyebutkan bahwa adanya peraturan ini bukanlah tanda diskriminatif kepada siapa pun, ia pun berkonsultasi dengan pengacara saat menyusunnya untuk memastikan susuan bahasanya sesuai.

Baca juga: 4 Alasan Air Tebu Minuman Terbaik untuk Turunkan Berat Badan

“Kami memiliki banyak keluarga yang makan bersama kami dengan anak-anak mereka yang berkelakuan baik dan memahami kebijakan kami sehubungan dengan pengunjung lain. Apa yang kami temukan pada mereka yang menulis ulasan negatif tentang kebijakan kami adalah mereka yang belum makan di sini tetapi menjadi tersinggung oleh adanya pengumuman dan kebijakan kami,” imbuh Chris.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini