Image

Berburu Takjil Gratis Selama Puasa? Catat Tempat-tempatnya

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Kamis 17 Mei 2018 07:28 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 05 16 298 1899093 berburu-takjil-gratis-selama-puasa-catat-tempat-tempatnya-EEYD1UHK56.jpg Mesjid Istiqal. (Foto: Okezone)

BULAN penuh berkah kembali datang. Ramadan menjadi momen yang tepat untuk berlomba-lomba dalam melakukan kebaikan. Selain berpuasa selama satu bulan penuh, umat Muslim juga dapat saling berbagi salah satunya takjil untuk berbuka puasa.

Sejumlah tempat, terutama masjid-masjid besar di Jakarta, kerap memberikan takjil gratis untuk berbuka puasa selama Ramadan. Di mana saja? Berikut Okezone sampaikan daftarnya jika ingin berburu takjil gratis:

Baca Juga: 5 Kesalahan dalam Berpakaian, Mana yang Sering Kamu Lakukan?

1. Masjid Istiqlal

Pengurus Masjid Istiqlal rutin menyiapkan ribuan takjil selama bulan suci Ramadan untuk masyarakat yang berbuka puasa. Pada bulan Ramadan 1438 Hijriah/2017 Masehi, pengurus masjid Istiqlal menyiapkan hingga 3 ribu takjil per hari untuk Senin hingga Kamis. Sementara pada akhir pekan, jumlah takjil ditambah menjadi 5 ribu per hari.

2. Masjid Cut Meutia

Salah satu masjid tertua di Jakarta, Masjid Cut Meutia, juga rutin menggelar buka puasa bersama setiap hari selama bulan Ramadan. Warga sekitar dan umat Muslim lainnya yang kebetulan berada di sekitar Jalan Cut Meutia pun dapat menikmati sajian takjil gratis.

Lokasi masjid ini cukup strategis jika Anda ingin berburu takjil gratis. Kamu bisa naik KRL Commuter Line dan turun di Stasiun Gondangdia. Dari sana, lanjut berjalan kaki sekira 140 meter (m) ke arah selatan untuk menuju Masjid Cut Meutia.

 

(Foto: Panoramio)

3. Masjid Sunda Kelapa

Masjid Agung yang terletak di Jakarta Pusat itu rutin menyediakan ribuan takjil berupa nasi box setiap tahun bagi umat Islam yang berpuasa. Selain menyediakan takjil gratis, bazaar Ramadan menjelang buka puasa juga bisa menjadi pilihan untuk ngabuburit sambil menunggu adzan maghrib.

(Foto: Okezone)

4. Masjid At Tin

Masyarakat Jakarta Timur acap memenuhi masjid yang dibangun oleh almarhum Presiden Soeharto untuk istrinya Tien Soeharto tersebut setiap menjelang buka puasa. Takjil biasanya sudah disiapkan oleh pengurus sejak pukul 17.00 WIB. Masjid ini biasa membagikan ribuan takjil berupa minuman manis dan kurma. Sedangkan nasi box atau makanan berat baru akan disajikan usai salat Maghrib.

1 / 4

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini