nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sambut Ramadan, Kedubes AS Perkenalkan Kurma Tanpa Biji Produksi Negeri Paman Sam

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Rabu 16 Mei 2018 20:52 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 05 16 298 1899150 sambut-ramadan-kedubes-as-perkenalkan-kurma-tanpa-biji-produksi-negeri-paman-sam-yqVdrNQWMx.jpg Kurma (Foto: Healthymakeddates)

BULAN suci Ramadan hampir selalu identik dengan buah kurma. Penganan manis khas Timur Tengah ini biasa dikudap pada saat berbuka karena mengandung gula alami yang baik untuk kesehatan.

Kurma yang dikenal di Indonesia berasal atau diimpor dari Timur Tengah dan memiliki biji di dalamnya. Namun, masyarakat Indonesia saat ini memiliki alternatif lain, yakni produk kurma dari Amerika Serikat (AS). Kurma produksi Negeri Paman Sam ini tidak mengandung biji.

“Kurma di AS biasanya diproduksi dari perkebunan yang ada di negara bagian Arizona. Kurma ini adalah hasil proses yang sangat hati-hati. Awalnya, kurma ini ada bijinya, tetapi kemudian dicabut dalam proses tersebut,” ujar Kafi Kurnia dari PT PEKA Consult Inc. kepada awak media di Amuz Gourmet Restaurant, Jakarta Selatan, pada Rabu 9 Mei 2018.

Selain tidak mengandung biji, kurma produksi AS ini juga lebih besar dan rasa manisnya sangat pas ketika digigit. Kafi Kurnia mengklaim produk kurma tanpa biji ini aman bagi penderita diabetes maupun anak-anak. Kurma produksi Natural Delights itu sudah bisa dibeli di berbagai toko di Jakarta.

Pada kesempatan tersebut, Kedutaan Besar AS juga mengenalkan beberapa kuliner Indonesia yang memakai bahan dasar dari produk-produk asal negara adidaya itu. Juru masak Amuz, Chef Stefu menuturkan, kombinasi makanan dengan bahan dari AS itu sesuai dengan misi yang dijalankan oleh pihak Kedutaan Besar.

Kurma AS

Ia mencontohkan Sate Maranggi yang khasi Indonesia tetapi menggunakan bahan dasar daging sapi dari AS.

“Yang kita tahu ‘kan Sate Maranggi khas Indonesia dengan ketumbar, asam jawa, dan kecap manis. Nah, saya coba kombinasikan itu dengan roasted beef,” ujar Stefu.

Selain sate maranggi, Stefu juga mengkreasikan martabak telur dengan kombinasi potato granule serta gulai ayam kurma yang bumbunya dicampur dengan Apple Washington yang sudah diblender.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini