Image

Selain Antar Turis, Menpar Latih 100 Sopir Taksi Jadi 'Pemandu Wisata'

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Rabu 16 Mei 2018 17:30 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 05 16 406 1899040 selain-antar-turis-menpar-latih-100-sopir-taksi-jadi-pemandu-wisata-K0908F87YX.jpg Ilustrasi (Foto: Straitstimes)

MENTERI Pariwisata Indonesia, Arief Yahya, memberi pelatihan kepada 100 pengemudi taksi Blue Bird sebagai bagian dari Wonderful Indonesia Service Ambassador (WISA). Materi pelatihan meliputi keramahan, pengetahuan pariwisata Indonesia, serta teknik mempromosikan destinasi wisata kepada penumpang.

Pelatihan tersebut merupakan bentuk kepercayaan Kementerian Pariwisata kepada Blue Bird sebagai mitra kerjasama. Arief berharap para duta pengemudi itu dapat berperan maksimal sebagai konsultan wisata tidak hanya bagi turis dalam negeri, tetapi jga luar negeri.

"Melalui pelatihan ini, para pengemudi Blue Bird dapat berperan maksimal sebagai konsultan destinasi wisata dalam memberikan rekomendasi terbaik seperti hotel, restoran, destinasi wisata sejarah, dan alam kepada penumpang," kata pria asal Banyuwangi itu di Kantor Pusat Blue Bird, Jakarta Selatan, Rabu (16/5/2018).

Taksi di London

Arief memberi contoh layanan taksi Black Cab yang ada di London, Inggris. Menurutnya, para pengemudi taksi hitam itu sangat memahami seluk beluk Kota London serta amat prima dalam memberikan layanan kepada para penumpang yang sebagian besar adalah wisatawan.

"Orang kalau ke Inggris pasti inginnya naik Black Cab karena belum lengkap rasanya kalau tidak naik. Meski harganya relatif lebih mahal dari taksi biasa, tetapi layanan yang mereka tawarkan sangat bagus," imbuh pria lulusan Universitas Padjadjaran itu.

Baca juga: Agar Puasa Tidak Cepat Lapar, Makanan Ini Bisa Anda Sajikan saat Sahur

Menpar Arief Yahya

Menpar berharap ingatan kuat wisatawan akan taksi hitam Inggris mampu direplikasi oleh Blue Bird di Indonesia. Arief ingin taksi berkelir biru itu menjadi impresi terkuat dari wisatawan, khususnya mancanegara, saat pertama kali menginjakkan kaki di Indonesia.

Direktur Utama PT. Blue Bird Tbk, Prawiro Purnomo, menyatakan siap sebagai mitra untuk mendukung semua program pemerintah, termasuk Kementerian Pariwisata RI. Pihak perusahaan akan berusaha menanamkan kejujuran bagi para duta WISA yang tersebar di 18 lokasi di seluruh Indonesia.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini