Image

Lagi Terapkan Program Hamil? Ini Langkah yang Bisa Dilakukan agar Tidak Gagal

Dewi Kania, Jurnalis · Rabu 16 Mei 2018 21:12 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 05 16 481 1899151 lagi-terapkan-program-hamil-ini-langkah-yang-bisa-dilakukan-agar-tidak-gagal-OTQS22cL6i.jpg Ilustrasi hamil (Foto: Popsugar)

PASANGAN suami-istri yang tengah berjuang mendapatkan anak, pasti harus patuh dengan saran dokter. Anda berdua wajib mengubah gaya hidup, terutama dari asupan makanan setiap hari.

Saat ini memang pasutri dituntut untuk menjaga kesuburan dengan cara-cara yang aman. Anda tidak perlu susah payah datang meminta bantuan kepada ahli herbal atau tenaga medis lainnya supaya cepat hamil.

Kuncinya, selain rajin berhubungan seks saat masa subur, Anda juga harus menjaga asupan makan. Cara ini lebih efektif dan aman dilakukan oleh siapa saja.

 Baca Juga: Gogon Meninggal Dunia Karena Penyakit Jantung, Kenali 10 Faktor Risikonya

Bahkan, baru-baru ini para peneliti dari Harvard Medical School menyebutkan 6 tips agar pasutri tidak melulu gagal hamil. Simak ulasannya berikut ini, dilansir Boldsky, Rabu (16/5/2018).

Batasi asupan karbohidrat, seperti kurangi makan nasi

Asupan karbohidrat yang terlalu berlebihan, sangat sulit diserap oleh tubuh. Studi dari Harvard Medical School itu menyebutkan, pasangan suami-istri harus membatasi makan nasi, kue, roti tawar, karena cepat diubah jadi gula darah. Ganti asupan karbohidratmu dengan mengonsumsi makanan biji-bijian, seperti roti gandum, oat, hingga beras merah, yang mudah diserap oleh tubuh. Studi disebutkan, makanan sehat itu tidak mengganggu proses ovulasi yang dialami calon ibu.

Memilih makanan yang mengandung lemak tak jenuh

Anda harus menghindari semua makanan yang mengandung lemak jenuh, seperti makanan yang digoreng, aneka daging dan lainnya. Makanan ini cenderung mengganggu insulin dalam tubuh, yang bisa mempengaruhi kesuburan. Makanan ini juga memicu gangguan metabolisme tubuh. Maka, disarankan supaya Anda memilih makanan sehat yang tidak mengandung lemak jenuh. Usahakan makan aneka olahan bahan yang dikukus atau dipanggang dan tentu aman.

Pilih banyak asupan protein

Studi dari Harvard juga menyebutkan, calon ibu hamil juga harus memperbanyak makan aneka protein hewani dan nabati. Makanan ini tergolong rendah kalori dan membantu wanita menurunkan berat badan. Anda disarankan untuk makan makan daging merah, ikan, tempe, tahu, telur. Tapi Anda harus membatasi makanan itu dengan porsi sewajarnya.

 

Aneka produk susu

Studi Harvard juga menyebutkan aneka produk susu baik untuk wanita yang ingin cepat hamil. Seperti yoghurt, susu rendah, susu murni, keju, dan sebagainya. Secara teratur Anda yang rajin konsumsi susu bisa menjaga kesehatan fisik dan menyiapkan Anda untuk ovulasi.

Konsumsi suplemen multivitamin

Wanita butuh suplemen asam folat yang tinggi untuk mendukung keberhasilan ovulasi. Suplemen ini bisa menjaga kondisi rahim wanita agar siap hamil setelah menikah. Selain itu, Anda juga harus melengkapi dengan konsumsi makanan sehat dan bernutrisi.

 Baca Juga: 5 Selebriti Hollywood Ini Pernah Tutup Akun Instagramnya, Siapa Saja?

Hindari minuman berkarbonasi dan kafein

Peneliti Harvard juga menyebutkan minuman soda dan kafein dampaknya buruk bagi kesehatan. Wanita juga harus menghindarinya, apalagi saat pagi hari. Kebanyakan minum soda, kopi, teh dan alkohol, bisa mengakibatkan gangguan metabolisme hingga mengganggu proses ovulasi saat ingin cepat hamil.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini