nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tips Ampuh yang Bikin Tidur Malam Kamu Nyenyak

Dewi Kania, Jurnalis · Rabu 16 Mei 2018 23:12 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 05 16 481 1899158 tips-ampuh-yang-bikin-tidur-malam-kamu-nyenyak-wMaDpIQNOR.jpg Ilustrasi (Foto: Medicalnewstoday)

MINUM dua gelas wine sehari dapat membuat tidurmu lebih nyenyak. Setelah diamati peneliti, pikiranmu jadi lebih tenang dan cepat mengantuk di malam hari.

Kalau setiap hari kamu rajin minum wine pasti merasa jauh dari perasaan tegang dan khawatir sulit tidur nyenyak. Hal ini sangat menguntungkanmu, sehingga kamu tidak perlu lagi suka begadang.

Usai minum wine, seseorang lebih mudah untuk mengontrol tidurnya. Dalam tubuhnya menghasilkan adenosin, alami zat yang mendorong dia tertidur. Kamu yang suka minum wine sebelum tidur juga diklaim dapat melancarkan aliran darah ke otak. Tentu dampaknya sangat baik bagi kamu yang biasa mengeluh sulit tidur.

Penelitian ini benar adanya berdasarkan pengalaman para responden. Juga, para peneliti menyebutkan bahwa minum anggur merah mengubah jam tidur dan meringankan tekanan dalam tubuh. Ada pergeseran yang sangat menguntungkan seseorang. Saat dua jam sebelum tidur, kamu disarankan untuk meminum wine. Jika biasanya kamu mengalami insomnia, setelah minum wine nampaknya berkurang.

Tidur Nyenyak

Tapi, masyarakat Indonesia mungkin tidak semua suka minum wine, nah ada cara lain yang juga ampuh membuatmu cepat terlelap. Simak ulasannya, dilansir Boldsky, Rabu (16/5/2018).

Perbanyak konsumsi sumber protein

Jika kamu ingin tidur nyenyak perbanyak konsumsi sumber protein. Makanan ini mudah dicerna oleh usus, sehingga tidak menyebabkan gangguan pencernaan. Kamu yang sering makan daging, telur, tempe atau tahu bisa membantu memproduksi hormon melatonin yang membuat tidurmu lebih nyenyak.

Hindari makanan yang mengandung indeks glikemik tinggi

Kalau kamu ingin tidur nyenyak sepanjang malam, juga harus menghindari makanan berat yang mengandung indeks glikemik tinggi. Misalnya, roti, pasta, nasi dan sebagainya. Sebab, makanan seperti itu dapat mengganggu produksi insulin yang mengganggu metabolisme.

Mematikan televisi, komputer dan ponsel

Saat satu jam sebelum istirahat di tempat tidur, jauhkan diri dari suara televisi, menyelesaikan tugas pekerjaan di komputer, dan matikan ponsel. Tiga benda ini bisa membuat tidurmu terganggu. Cahaya dari benda elektronik itu bisa membuat mata terganggu dan kamu jadi kurang nyaman untuk memejamkan mata.

Matikan TV

Jauhi minuman berkafein

Segala jenis minuman berkafein seperti teh, kopi atau es cokelat bisa mengganggu tubuhmu. Kamu jadi sulit tidur nyenyak karena kafein yang bekerja ekstra dan membuatmu sulit istirahat. Jangan mengonsumsi minuman tersebut di malam hari, supaya kamu cepat mengantuk dan mudah tidur nyenyak.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini