nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Inilah Keutamaan Salat Tarawih Berjamaah yang Teramat Sayang Bila Dilewatkan

Agregasi Solopos, Jurnalis · Kamis 17 Mei 2018 13:29 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 05 17 196 1899386 inilah-keutaman-salat-tarawih-berjamaah-yang-teramat-sayang-bila-dilewatkan-ZNVfhKn9HH.jpg Ilustrasi (Shutterstock)

SOLO - Ramadan adalah bulan yang paling dinanti oleh umat Islam di seluruh penjuru dunia. Selain berpuasa, bulan Ramadan terasa istimewa karena ada ibadah spesial yang disyariatkan, yakni salat tarawih.

Tarawih merupakan salat sunah yang dilakukan setiap malam pada bulan Ramadan selepas Salat Isya. Salat tarawih bisa dilakukan sendirian maupun berjamaah di masjid. Jumlah rakaat salat terawih beragam, ada yang delapan maupun 20, yang dilanjutkan dengan witir dengan jumlah rakaat ganjil. Lazimnya, orang Indonesia mengerjakan salat witir dalam tiga rakaat.

Ilustrasi, ShutterstockFoto: Shutterstock

Baca Juga: Berburu Takjil Gratis Selama Puasa? Catat Tempat-tempatnya

Dihimpun Solopos.com dari berbagai sumber, berdasarkan hadis yang diriwayatkan Bukhari dan Muslim, salat tarawih memiliki pahala yang sangat besar. "Barang siapa melakukan salat pada malam di bulan Ramadan atas dasar iman, maka Allah akan mengampuni dosanya yang telah lalu," demikian terjemahan hadis soal salat Tarawih yang diriwayatkan Imam Bukhari dan Muslim.

Mayoritas ulama mengatakan, salat tarawih lebih baik dilakukan secara berjamaah. Namun, bila dikerjakan sendiran pun tetap sah. Sebab, Nabi Muhammad pernah mengerjakan salat tarawih sendirian. Sebab, kala itu beliau khawatir para sahabat akan menganggap salat tarawih wajib dikerjakan secara berjamaah.

Ilustrasi, Shutterstock 

Baca Juga: Ketombe Bisa Muncul di Bulu Mata dan Alis, Atasi dengan Ramuan Ini

Adapun keutamaan salat tarawih secara berjamaah di antaranya adalah memberi peluang mendapat pahala lebih banyak, memupuk kecintaan terhadap masjid, sarana penambah ilmu, serta menyemarakkan bulan suci Ramadan. Jadi, sebaiknya Anda tidak melewatkan salat tarawih, kecuali ada halangan tertentu.

(ris)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini