Image

6 Tips Tanamkan Minat Baca pada Anak Agar Tak Malas

Pradita Ananda, Jurnalis · Kamis 17 Mei 2018 15:01 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 05 17 196 1899404 6-tips-tanamkan-minat-baca-pada-anak-agar-tak-malas-090uRsCMQN.jpg Ajarkan Anak Membaca (Friendshipcircle)

TAHUKAH Anda, bahwa tepat pada hari ini, Kamis 17 Mei 2018 diperingati sebagai Hari Buku Nasional. Bicara soal buku, rasanya ungkapan klasik soal buku adalah jendela dunia, memang tidak usah diragukan lagi.

Dengan membaca buku, wawasan dan pengetahuan seseorang bisa bertambah, yang mana akhirnya bisa membantu seseorang untuk membentuk pola pikir dan menilai sesuatu lebih luas lagi.

 Baca juga: Kesalahan Membaca Buku yang Merusak Mata, Nomor 1 Paling Susah Dihindari

Maka dari itu, penting sekali bukan untuk menanamkan kebiasaan senang membaca buku bagi anak-anak sedari dini. Sebab, pada akhirnya mereka sendiri lah yang akan menuai manfaatnya.

Akan tetapi, tentunya tidak semua anak secara natural senang dan mau membaca buku. Lalu apa yang bisa dilakukan para orangtua untuk bisa mengajak anak supaya mau dan senang membaca buku? Menyitat Parents, Kamis (17/5/2018) baca dulu yuk ulasan beberapa tipsnya di bawah ini.

 Baca juga: Jangan Tertipu! Artis Cantik Ini Terlihat seperti Gadis 20 Tahun

1. Audiobook : Manfaatkan kecanggihan teknologi audiobook, jangan pandang sebelah mata dulu sebab audiobook juga termasuk kegiatan membaca loh. Mendengar seseorang membaca buku dengan percaya diri adalah cara yang bagus untuk mendapatkan pengalaman berbicara lancar, yang mana di dalamnya kemampuan membaca teks secara akurat, cepat, dan dengan ekspresi yang baik.

Baca Buku

2. Beri contoh langsung : Anak-anak mengambil contoh dari orangtuanya, ketika anak-anak tumbuh di lingkungan rumah yang suka dengan makanan junk food maka ia akan suka juga dengan makanan junk food. Logikanya pun sama dengan buku, ketika anak tumbuh dengan dikelilingi oleh buku maka alaminya anak akan suka dengan buku juga. Beri contoh yang bisa dilihat anak secara langsung, pastikan anak melihat Anda-sebagai orangtua ketika sedang membaca. Ajak anak bicara tentang buku yang dibaca, jelaskan bagian mana yang membuat Anda sebagai pembaca merasa senang saat membacanya. Dengan ini anak akan melihat bahwasanya membaca buku dapat membawa kebahagiaan.

 Baca juga: 5 Destinasi Wisata Digital di Bandung, Nomor 5 Berasa di Luar Negeri

3. Buku kemudian film : Ajak anak untuk membaca bersama buku-buku klasik yang telah diangkat menjadi film misalnya The Lion, The Witch and the Wardrobe atau Charlie and the Chocolate Factory beberapa bab di satu waktu. Lalu ketika selesai, buat movie night untuk menonton versi film dari buku yang telah dibaca tadi. Cara ini dikatakan sebagai cara yang baik untuk memotivasi pembaca yang tadinya merasa enggan.

4. Beri hadiah yang membuat untuk terus membaca : Ketika ditanya mau hadiah ulang tahun apa, sarankan bahwa buku adalah salah satu hadiah yang menarik. Ajak anak juga untuk memberikan buku sebagai pilihan hadiah untuk teman-temannya, dengan pesan yang memberitahukan sang penerima buku kenapa hadiah buku tersebut menjadi sesuatu yang khusus untuk dirinya. Dengan ini, kita sebagai orangtua telah mengajari anak bahwa buku adalah salah satu cara baik untuk bisa terhubung dengan orang lain.

5. Ajak ke perpustakaan : Ajak anak untuk berkunjung ke perpustakaan, dan buat sesi acara mengunjungi perpustakaan ini jadi sesuatu yang menarik penuh petualangan. Lihat bagian front desk perpustakaan untuk bisa melihat jelas aktivitas menarik apa yang ada di perpustakaan, bisa juga dengan cara menandai situs perpustakaan sehingga Anda mendapatkan pemberitahuan soal acara-acara selanjutnya. Kemudian jangan lupa juga untuk membuatkan anak kartu perpustakaan, cara simpel ini dikatakan dapat menanamkan rasa kepemilikan di diri anak dalam sensasi kegiatan membaca.

6. Baca majalah : Membaca majalah pun dikatakan masuk sebagai kegiatan membaca buku loh. Sejatinya, membaca majalah dapat membantu untuk mengajari anak-anak ada informasi terkini yang berharga. Membaca majalah disebutkan memberikan kesempatan bagi yang membacanya untuk bisa menjadi tertarik pada hal-hal yang sebelumnya tidak diketahui bahwa kita bisa tertarik. Tahu akan isu-isu baru itu adalah sesuatu yang membuat bersemangat, dan ritual seperti ini penting untuk dibangun di sekitar anak.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini