nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Selain Dapat Pahala, Ini 4 Manfaat Ajarkan Anak Puasa sejak Dini

Dewi Kania, Jurnalis · Kamis 17 Mei 2018 17:30 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 05 17 196 1899462 selain-dapat-pahala-ini-4-manfaat-ajarkan-anak-puasa-sejak-dini-x3MpLjlrfc.jpg Ilustrasi (Foto: Theasianplanet)

ANAK-anak sejak kecil harus diajarkan berpuasa. Banyak manfaatnya yang akan dialami anak-anak, salah satunya melatih kesabaran mereka saat beraktivitas.

Puasa tidak hanya mengajarkan anak untuk menahan nafsu makan dan haus. Namun, mereka bisa mendapat banyak keuntungan dari berpuasa. Salah satu terpenting yakni anak-anak bisa dekat dengan nilai-nilai agama.

Secara psikologis, banyak manfaat yang bakal didapatkan anak-anak jika mereka rajin berpuasa. Berikut empat ulasannya, dirangkum Okezone, Kamis (17/5/2018).

Mengelola emosi

Psikolog Firesta Farizal mengatakan, anak-anak yang berpuasa dapat mengembangkan kemampuan regulasi emosi. Sejak dini, orangtua harus menanamkan hal baik ini. Kelak saat tumbuh dewasa, mereka akan mudah mengatur diri dan paham dengan sikapnya.

"Mereka harus diajarkan untuk latihan menahan diri, bersabar, tidak mudah untuk terpancing emosi alias marah-marah," ujarnya saat dihubungi Okezone, Kamis (17/5/2018).

Anak Berdoa

Baca Juga: Berburu Takjil Gratis Selama Puasa? Catat Tempat-tempatnya

Mengembangkan empati

Puasa rupanya dapat mengembangkan empati anak. Dengan berpuasa di bulan Ramadan, anak-anak akan belajar menahan lapar dan haus. Mereka juga mendapatkan kesempatan untuk merasakan apa yang dirasakan oleh orang-orang yang kurang beruntung. Orangtua kita sejak dulu juga mengajarkan hal ini agar mau menghargai orang lain di lingkungan sekitar.

Lebih mensyukuri keadaan

Sejak dini anak-anak harus terbiasa dengan hal baik ini. Pergunakan momentum Ramadan untuk mengajarkan mereka selalu bersyukur dengan apa yang didapatkan.

"Dengan berpuasa anak dapat lebih mensyukuri nikmat yang diperoleh selama ini," tambah Firesta.

Misalnya, saat sahur dia disuguhi menu makan kesukaannya dan sangatlah bahagia. Tapi saat buka puasa, tiba-tiba dia tidak mendapatkan makanan favoritnya. Seharusnya ajarkan mereka untuk tidak marah atau menangis, supaya mereka tetap bersyukur.

Anak berdoa

Baca Juga: 5 Kesalahan dalam Berpakaian, Mana yang Sering Kamu Lakukan?

Mengembangkan interaksi dengan keluarga

Momen berpuasa yang diawali dengan sahur bersama, buka puasa bersama, salat berjamaah, dan kegiatan lainnya ternyata dapat mengembangkan interaksi hubungan kekeluargan. Saat Ramadan momen ini menjadi semakin hangat dan saat dewasa kelak momen seperti ini akan dirindukan.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini