Image

Dari yang Termahal hingga Terbesar, Ini 5 Buku Paling Unik di Dunia

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Kamis 17 Mei 2018 18:06 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 05 17 196 1899464 dari-yang-termahal-hingga-terbesar-ini-5-buku-paling-unik-di-dunia-HM0ESCBSXX.jpg Ilustrasi Buku. (Foto: Indiatoday)

BUKU adalah jendela dunia, selain membuka pikiran, halaman-halaman yang ada dalam buku juga dapat membuka cakrawala ilmu pengetahuan sehingga menambah intelektualitas seseorang, tergantung dari apa yang dibacanya.

Beragam cerita tersembunyi di tiap lembar buku, begitu juga dengan fakta-fakta menarik di balik si jendela dunia. Berikut beberapa fakta menarik yang dihimpun dari India Today tentang buku:

Baca Juga: Wow.. Berlian Biru Berumur 300 Tahun Terjual Hampir Rp100 Miliar

1. Buku termahal

Predikat sebagai buku termahal dipegang oleh 1640 Bay Psalm dari Amerika Serikat (AS). Buku reliji ini adalah yang pertama kali dicetak di tanah Amerika pada 1640 sehingga menjadi barang langka yang berharga tinggi. Buku tersebut terjual dengan harga USD14,2 juta (setara Rp199 miliar) dalam sebuah lelang pada November 2013.

(Foto: indiatoday)

2. Buku paling banyak dilarang

Isi buku yang bercerita mengenai dunia sihir menjadikan serial Harry Potter karangan Joanne Kathleen Rowling (JK Rowling) sebagai buku paling dilarang beredar di AS. Cerita mengenai si penyihir bercodet halilintar itu dianggap sesat, oleh kaum-kaum konservatif agama di Negeri Paman Sam.

Baca Juga: Riset: Tingkat Stres Ubah Pola Konsumsi Generasi Milenial di Indonesia


(Foto: indiatoday)

3. Buku paling banyak dibaca

Meski peredarannya banyak dikecam di AS, ternyata serial Harry Potter masuk dalam kategori buku paling banyak dibaca penduduk bumi. Selain Harry Potter, Kitab Suci Injil dan Quotations from Chairman Mao Tse-Tung juga menjadi buku yang paling banyak dibaca.

Baca Juga: Riset: Tingkat Stres Ubah Pola Konsumsi Generasi Milenial di Indonesia


(Foto: indiatoday)

4. Buku pertama yang ditulis dengan mesin ketik

Pengarang buku terkenal, Mark Twain, menjadi pelopor penulisan naskah pertama kali dengan menggunakan mesin ketik. Karyanya yang berjudul The Adventures of Tom Sawyer mencatatkan sejarah tersebut pada 1876.

Buku tersebut bercerita mengenai petualangan seorang anak yang tumbuh di sisi Sungai Mississippi berdasarkan pengalaman hidup sang penulis.

(Foto: indiatoday)

5. Buku terbesar di dunia

Rekor ini dipegang oleh buku berjudul The Klencke Atlas yang memiliki ukuran panjang 1,75 meter (m). Atlas atau peta dunia itu berukuran lebar 1,90 m ketika dibuka. Benda tersebut menjadi harta karun berharga dari Perpustakaan Nasional Inggris.

(Foto: indiatoday)

1 / 5

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini