nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tidak Sempat Membaca Buku Karena Sibuk? Inilah Waktu dan Tempat Terbaik untuk Melakukannya

Tiara Putri, Jurnalis · Kamis 17 Mei 2018 18:30 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 05 17 196 1899473 tidak-sempat-membaca-buku-karena-sibuk-inilah-waktu-dan-tempat-terbaik-untuk-melakukannya-8hnao2biq0.jpg Ilustrasi (Foto: Mirror)

BUKU apa yang terakhir Anda baca dan kapankah Anda membacanya? Beberapa mungkin akan menjawab sudah tidak mengingat apa dan kapan buku yang terakhir dibaca. Penyebabnya bisa bermacam-macam, namun yang sering dijadikan alasan adalah tidak punya waktu karena rutinitas yang padat.

Ya, terkadang orang sudah malas meluangkan waktunya untuk membaca buku dan memilih untuk beristirahat. Padahal, buku menyimpan banyak informasi berguna yang dapat meningkatkan pengetahuan. Terlebih sekarang iniperkembangan teknologi memunculkan buku digital yang membuat baca buku bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja.

Melansir berbagai sumber, Kamis (17/5/2018), Anda bisa meluangkan waktu-waktu tertentu untuk membaca buku. Pertama tepat sebelum tidur karena di waktu ini Anda bisa sekalian melepas lelah. Masalahnya, terkadang orang mudah merasa mengantuk karena kebanyakan memilih membaca di tempat tidur karena merasa lebih nyaman.

Bila Anda termasuk dalam kategori tersebut, ada cara lain yang bisa dilakukan. Menurut pemimpin salah satu penerbitan di Inggris, Lija Kresowaty, cobalah untuk memasang alarm di pagi hari, setengah jam sebelum aktivitas di mulai. Di waktu itu Anda bisa meluangkan waktu untuk membaca buku. Membacanya bisa dimana saja, entah itu di tempat tidur, sofa, maupun meja kerja. Anda bisa juga menyelipkan waktu untuk membaca buku di sela istirahat makan siang di kantor.

Membaca Buku

Bagi Anda yang berangkat kerja menggunakan transportasi umum, membaca buku bisa dilakukan di sana, entah itu di bus atau kereta. Begitu juga ketika Anda mendapatkan tugas untuk dinas luar kota, Anda bisa membaca buku di pesawat selagi penerbangan dilakukan. Terlebih di dalam pesawat Anda tidak diizinkan menyalakan alat komunikasi sehingga Anda tidak akan terganggu selama membaca.

Pilihan terakhir adalah di hari libur. Jika Anda merasa suntuk untuk membaca buku di dalam rumah, Anda bisa pergi ke taman. Carilah bangku yang kosong dan mulai untuk membaca lembar pertama buku.

Suasana yang sejuk karena banyak pepohonan terkadang membuat Anda larut sehingga dapat membaca berlembar-lembar halaman hingga tak sadar halamannya telah habis. Café favorit ataupun perpustakaan juga cocok dijadikan pilihan. Jadi, tidak ada alasan untuk tidak meluangkan waktu untuk membaca buku.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini