Image

Lebih Suka E-book daripada Buku? Simak Plus Minusnya Berikut Ini!

Tiara Putri, Jurnalis · Kamis 17 Mei 2018 18:57 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 05 17 196 1899567 lebih-suka-ebook-daripada-buku-simak-plus-minusnya-berikut-ini-8eK3afTiBl.jpg Ilustrasi (Foto: Tolino)

ERA digital sekarang ini telah mengubah perilaku masyarakat termasuk dalam hal membaca buku. Ya, kini masyarakat mengenal yang namanya buku digital atau e-book. Bentuknya yang lebih ringkas karena bisa dibaca melalui gadget membuat e-book mulai menjadi pilihan.

Melansir berbagai sumber, Kamis (17/5/2018), e-book adalah bentuk digital dari sebuah buku yang terbagi dalam beberapa format di antaranya teks polos, pdf, jpeg, doc, dan html. Biarpun beragam format, biasanya ada aplikasi yang bisa membaca semua formatnya sehingga e-book tetap nyaman untuk dibaca. Cara membaca e-book sebenarnya tidak jauh berbeda dengan buku fisik. Bila pada buku fisik pembaca harus membalik halaman yang sudah di habis, pada e-book hanya tinggal digeser dengan sentuhan jari di layar.

 Baca juga: Mau Punya Perut Langsing dan Rata, Konsumsi Makanan Ini Sebelum Jam 8 Pagi

Berbeda dengan buku fisik yang harus ditenteng atau dimasukkan ke tas, e-book tinggal di unduh melalui ponsel. Hal ini membuat e-book dapat dibaca di mana dan kapan saja. Selain itu, e-book juga biasanya memiliki fitur pencarian sehingga bila pembacanya ingin mencari kata tertentu dapat lebih mudah menemukan. Sedangkan bila ingin mencari informasi di buku fisik pembacanya harus membuka lembaran demi lembaran terlebih dahulu.

 

E-book juga bisa melestarikan isi buku fisik. Seperti yang diketahui, buku tersusun dari kertas-kertas. Kertas biasanya memiliki masa kadaluarsa sehingga bisa membuatnya menjadi lapuk dan mudah robek. Bila sudah begitu, bukan tidak mungkin informasi dari buku fisik menjadi hilang. Adanya format digital, pembaca bisa membaca buku secara utuh tanpa kehilangan informasi.

Meski begitu, e-book juga memiliki sejumlah kekurangan. E-book harus dibaca melalui layar gadget. Hal ini dapat mengganggu penglihatan karena pancaran sinar dapat membuat mata menjadi lelah atau bahkan merusaknya. Tak hanya itu, bila baterai gadget habis, maka pembaca tidak bisa melanjutkan bacaannya.

 Baca juga: 5 Destinasi Wisata Digital di Bandung, Nomor 5 Berasa di Luar Negeri

Kerugian lain dari e-book sangat dirasakan oleh penulis buku karena adanya pelanggaran hak cipta. Banyak situs ilegal yang menyediakan pranala untuk mengunduh buku gratis. Dengan begitu dapat dengan mudah dilakukan pembajakan buku dan sengaja diperbanyak untuk menyebarluaskan isi buku tanpa seizin penulis. Padahal biasanya bila buku seorang penulis dijadikan e-book tetap ada royalti yang diterimanya.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini