Image

4 Manfaat Baca Buku bagi Anak, Orangtua Milenial Wajib Tahu

Dewi Kania, Jurnalis · Kamis 17 Mei 2018 22:16 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 05 17 196 1899580 4-manfaat-baca-buku-bagi-anak-orangtua-milenial-wajib-tahu-5RockEseJf.jpg Buku (Foto: Friendship Circle)

SEJAK kecil anak-anak harus selalu dilatih agar senang membaca buku. Nampaknya orangtua milenial telah memahami dan mengajari buah hatinya untuk terbiasa melakukan hal ini.

Ketika anak sudah mulai membaca, rasanya ia akan ketagihan dengan kebiasaan baik itu. Mereka akan meminta untuk dibacakan buku atau membaca buku cerita favoritnya di waktu senggangnya.

Anda tidak cuma melihat anak tampak pintar dan cerdas saat mereka rajin membaca. Banyak manfaat lainnya yang bakal diraihnya jika terbiasa membaca buku sejak kecil.

Agar Anda tidak penasaran dengan berbagai manfaat jika anak rajin membaca buku, Psikolog Firesta Farizal membeberkannya. Simak empat ulasannya berikut, dirangkum Okezone, Kamis (17/5/2018).

 Baca Juga: 10 Masjid dengan Arsitektur Menawan di Indonesia, Nomor 8 Paling Unik

Tertarik mengeksplorasi bukunya

Anak-anak yang sudah terbiasa dibacakan buku sejak bayi, biasanya akan lebih mudah tertarik dengan aktivitas membaca tersebut. Nah, tak saat heran saat dibacakan buku, anak akan menanyakan 'huruf apa ini' atau 'kata apa ini' dan seterusnya. Kalaupun buku itu banyak disertai ilustrasi gambar, mereka tampak antusias menebak gambar dalam buku dengan ekspresi ceria.

Anak dapat stimulasi lebih

Saat anak tertarik membaca, orangtua dapat memberikan stimulasi lebih. Namun tetap tidak boleh memaksakan. Misalnya, bila sejak kecil anak diajarkan untuk membaca, secara tidak langsung mereka juga akan belajar berbicara. Ini sangat penting dilakukan, khusus anak-anak balita. Mereka akan merasa senang dan tidak bosan, serta ada kelebihan khusus dari kebiasaan ini.

Mengenal proses belajarnya

Sebelum anak bisa baca, pasti mereka sering belajar untuk menyebut satu kata penting. Anak-anak pasti akan mengenal bagaimana proses belajar tersebut yang benar. Hingga dewasa nanti, mereka juga akan menerapkan kebiasaan ini. Tentu dampaknya baik untuk mendukung kecerdasan otaknya yang maksimal.

Baca Juga: Lagi Tren, Putusin Pasangan Harus Bayar "Ongkos Putus Hubungan" ke Mantan

Anak jadi nyaman dan suka dengan buku

Kalau kebiasaan membaca buku diterapkan sejak kecil, makan anak-anak jadi nyaman dan penasaran mencari buku apa. Anda bisa membuat si kecil merasakan manfaat ini hingga besar nanti. Misalnya, saat ada buku baru pasti mereka akan berburu di mana saja. Apalagi kalau bukunya laris dijual. Karenanya, sejak kecil orangtua tidak boleh mengabaikan mengajarkan baca buku pada anak dengan cara menyenangkan.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini