Image

Pasangan yang Manipulatif Ciri Hubungan Tak Sehat, Ini Tanda-Tandanya!

Pradita Ananda, Jurnalis · Kamis 17 Mei 2018 22:29 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 05 17 196 1899588 pasangan-yang-manipulatif-ciri-hubungan-tak-sehat-ini-tanda-tandanya-UqJ3YSRzqT.jpg Pasangan (Foto: Timesofindia)

SETIAP orang pasti ingin mempunyai hubungan percintaan yang sehat, di mana kedua belah pihak sama-sama mencintai, saling peduli dan saling percaya satu sama lain.

Akan tetapi sayangnya, apa yang diinginkan kenyatannya berjalan jauh dengan yang diharapkan. Alih-alih punya kekasih yang mengerti dan menerima diri kita apa adanya, yang ada malah memiliki pacar yang merupakan orang yang manipulatif.

Namun sayangnya, tidak banyak orang yang sadar bahwa pacarnya sendiri adalah orang yang manipulatif dan baru sadar setelah semuanya telah berantakan. Nah, sebelum terlambat ada baiknya untuk mengenali tanda-tanda bahwa pacar Anda adalah ternyata orang yang manipulatif. Berikut ulasan 5 tanda pacar yang manipulatif.

 Baca Juga: Lagi Tren, Putusin Pasangan Harus Bayar "Ongkos Putus Hubungan" ke Mantan

Anda selalu jadi pihak yang salah

Manipulator memiliki keterampilan untuk membuat Anda merasa bersalah bahkan ketika sebetulnya kita tidak bersalah. Mereka akan memutar fakta untuk membuktikan diri mereka benar, menjadi tegas, dan menaruh seluruh kesalahan pada Anda. Selain itu, pacar yang manipulative akan tahu apa yang harus dikatakan untuk mengguncang tingkat kepercayaan diri kita.

“Tidakkah kamu ingat aku sudah memberitahumu lima hari yang lalu?”, “Kenapa kamu selalu memikirkan dirimu sendiri?”, “Aku benar-benar sibuk dan kamu harus berpikir sebelum memintaku untuk membantu”, adalah sederet contoh kalimat yang sering ia ungkapkan ketika melemparkan kesalahan pada diri Anda.

Acuh

Orang yang manipulatif, pada dasarnya tidak peduli dengan masalah yang mendera pasangannya. Membuat banyak alasan hanya untuk menghindari diri dari masalah yang sedang dialami kekasihnya, bahkan hanya untuk memutuskan komunikasi secara cepat, atau bisa juga dengan cerdiknya langsung bicara soal masalah mereka sendiri.

Drama 

Ketika tahu bahwa diri mereka lah yang kalah kala sedang berargumen, biasanya tipikal orang seperti ini akan mulai bermain secara emosional alias mulai menunjukkan drama. Mereka tahu titik lemah Anda dan apa yang akan mengalihkan perhatian dari masalah utama. “Sayang, aku akan mati jika kamu meninggalkanku,”, “Aku tidak akan makan siang jika kamu tidak berbicara denganku,”. Terdengar akrab di telinga? Minta pasangan Anda untuk bertindak seperti orang dewasa.

Hanya masalah atau kepentingan dirinya yang penting

Pacar yang manipulator disebutkan akan memaksakan keputusan dan pilihan mereka pada Anda, dan selalu menempatkan kebutuhan atau kepentingan mereka sendiri di atas segalanya. Mereka akan bisa meyakinkan kita sebagai kekasihnya untuk menuruti kemauannya, misalnya untuk pergi untuk film pilihan mereka, restoran favorit mereka dan pada kenyataannya, merencanakan seluruh tanggal sesuai keinginan dirinya sendiri. Terkadang, bahkan sebelum kita sadar bahwa pacar sudah mulai mengendalikan diri kita dan sering memperlakukan Anda sebagai kekasih seperti boneka.

 Baca Juga: 10 Masjid dengan Arsitektur Menawan di Indonesia, Nomor 8 Paling Unik

Tahu waktu dan celah yang tepat untuk membuat kita terkesan 

Nah, ini adalah salah satu alasan utama kenapa banyak orang gagal menyadari bahwa mereka sedang berkencan dengan orang yang manipulatif. Manipulator adalah perayu hebat dan dapat berpura-pura peduli jika situasi yang dihadapi sedang menuntut. Jika berada dalam situasi di luar kontrol, orang seperti ini akan tidak segan-segan memanggil Anda dengan nama-nama manis, memuji dan bahkan berbicara tentang sifat-sifat terbaik diri Anda. Demikian seperti disitat Timesofindia, Kamis (17/5/2018).

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini